INQUIRY TERBIMBING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS VIII SMP 8 YOGYAKARTA

Elizabeth Emma Widyaningsih

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode inquiry terbimbing pada pembentukan sikap ilmiah dan meningkatkan prestasi belajar IPA materi Pesawat Sederhana. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 3 siklus dan sikap ilmiah yang diamati meliputi kemampuan merangkai alat, keaktifan dalam pembelajaran, kemampuan membaca alat ukur, kemampuan membuat tabel pengamatan, keaktifan bertanya, serta kemampuan mengkomunikasikan dalam bentuk laporan praktikum untuk melihat kreativitas siswa. Prestasi belajar dilihat dari hasil ulangan harian. Data diambil dengan cara observasi, ulangan harian dan juga penilaian laporan. Teknik analisa data adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian didapatkan siklus pertama, sikap ilmiah 60,1 %, nilai rata-rata Ulangan Harian 62,2 dan  ketuntasan klasikal 31,25%. Siklus kedua, sikap ilmiah 80,8% , nilai rata-rata ulangan harian 74,5%, ketuntasan klasikal 53,12%. Siklus ketiga sikap ilmiah 91,67% , nilai rata-rata ulangan harian 84,6 serta ketuntasan klasikal 81,25%.    Kesimpulan, penggunaan metode inquiry terbimbing selain berhasil meningkatkan sikap ilmiah siswa yaitu pada (1) kemampuan merangkai alat, (2) keaktifan di dalam kelas, (3) kemampuan membaca alat ukur, (4) kemampuan membuat tabel, (5) kemampuan bertanya, dan (6) kreativitas dalam membuat laporan dan memecahkan masalah, juga berdampak positif pada kenaikan nilai rata-rata ulangan harian dan juga ketuntasan klasikal.

Keywords

Inquiry terbimbing; sikap ilmiah; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Anderson, L.W., et.al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing; A revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Lonman Inc.

Atherton,J.S.(2010). Learning and Teaching; Bloom’s taxonomy [On-line] UK: Available:http://www.learningandteaching.info/learning/bloomtax.htm. Accessed: [11 February 2011]

Bloom,B.S.(Ed), Engelhart,M.D.,Furst,E.E.J.,Hill,W.H.,&Krathwohl,D.R.(1956). Taxonomy of educational objectives: Handbook I: Cognitive domain. New York: David McKay.

Didik Komaidi. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas.Penerbit. Sabda Media. Yogyakarta.

Dlamini B, et al. (1996). Liked and Disliked Learning Activities : Respon of Swazi Student to Science Material With a Technological Approach. Journal Research in Science & Technological Education.Vol. 14.No. 2.

Fitri Yuliawati. (2012). Penelitian Tindakan Kelas untuk Tenaga Pendidik Profesional. Penerbit Pedagogia. Yogyakarta.

http://id.wikipedia.org/wiki/Taksonomi_Bloom.

http://wikipedia.com

http://www.cdl.org/resource-library/articles/highorderthinking.php

Kunandar.(2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Penerbit. Rajawali Pers. Jakarta

Sukmadinata, N. S. (1997). Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Supriadi, D. (1994). Kreativitas, Kebudayaan & Perkembangan Iptek. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Suyadi.(2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas.Penerbit. Diva Press

Usman,M.U.(1995).Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.