PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CONTEKTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI LISTRIK STATIS SISWA KELAS IX. E SMP NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan meningkatkanprestasi belajar IPA, materi Listrik Statis pada siswa kelas IX.E SMP Negeri 3 Wonogirimelalui pemanfaatan media pembelajaran dengan pendekatan Contektual Teaching and Learning.Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus 3 kali pertemuan, tiap pertemuan 2 jam pelajaran. Masing-masing siklus melalui tahapan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) Observasi, (4) refleksi. Perencanaan setiap siklus berdasarkan pada perubahan yang dapat diketahui sesuai faktor-faktor yang diamati, yaitu siswa, guru dan kegiatan pembelajaran nya. Subyek penelitian adalah siswa kelas IX.E SMP Negeri 3 Wonogiri yang berjumlah 26 siswa. Berdasar hasil analisis terhadap penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan hasil belajar siswa, (2) siswa lebih aktif dalam pembelajaran, (3) nilai rata-rata yang dicapai siswa pada siklus I sebesar 77,27 yang tuntas 19 siswa atau sebesar 73% dari 26 siswa, dengan batas ketuntasan minimal 75. Setelah dilaksanakan siklus II, terjadi peningkatan 7,73 dengan nilai rata-rata siswa, sebesar 85,00 dan siswa yang tuntas 26 atau 100% dari siswa.
Keywords
teaching and learning, media pembelajaran
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.