PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MENGGUNAKAN LEMBAR DISKUSI BERBASIS WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA MATERI ALAT OPTIK PESERTA DIDIK KELAS VIII A SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2015/2016 DI SMP NEGERI 1 PENAWANGAN

Lilik Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar kognitif dan capaian ketuntasan belajar peserta didik pada materi alat optik menggunakan lembar diskusi berbasis word square berbantuan media audio-visual sebagai tindakan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus, dimana setiap siklus penelitian meliputi tahapan: perencanaan, pelaksanaaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas VIII A Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 SMP Negeri 1 Penawangan dengan melibatkan 27 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Tes dilakukan setiap akhir siklus menggunakan instrumen soal tes pilihan ganda sebanyak 20 soal untuk menjaring data hasil belajar kognitif peserta didik. Teknik non-tes menggunakan lembar observasi disertai rubriK penilaian dengan skala 1-4.  Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada penggunaan lembar diskusi berbasis word square berbantuan media audio-visual dalam Pra-Siklus (70)/Siklus I (76)/Siklus II (80), sedangkan capaian ketuntasan belajar adalah Pra-Siklus(55%0)/Siklus I (67%)/Siklus II (67%)

Keywords

hasil belajar kognitif, lembar diskusi berbasis word square, media audio-visual, materi alat optik

Refbacks

  • There are currently no refbacks.