PENINGKATANKETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING (DL) DI KELAS XA SMA MUHAMMADIYAH 1 NGAWI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Chrisnia Octovi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meneningkatkan keterampilan proses sains siswa menggunakan model Discovery Learning (DL) di kelas XA SMA Muhammadiyah 1 Ngawi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan selama bulan Desember 2016 terdiri atas 3 siklus, dimana setiap siklus meliputi 4 tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi (Kemmis & Mc. Taggart, 2005) dengan menggunakan model DL sebagai tindakan penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XA SMA Muhammadiyah 1 Ngawi berjumlah 32 siswa yang Teknik pengumpulan data menggunakan tektik tes dan non-tes (observasi, wawancara, dan dokumentasi). Data KPS meliputi 3 aspek yaitu: mengamati, menarik kesimpulan, dan mengkomunikasikan hasil yang diukur melalui pengamatan menggunakan instrument lembar observasi yang dilengkapi dengan descriptor dan skor penilaian bersekala 1-4. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aspek KPS: 1) mengamati pada Pra-Siklus (32,3%), Siklus I (38,7%), Siklus II (54,8%); 2) menarik kesimpulan pada Pra-Siklus (0,0%), Siklus I (16,1%), Siklus II (45,2%); 3) mengkomunikasikan hasil kegiatan pada Pra-Siklus (0,0%), Siklus I (12,9%), Siklus II (51,6%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan ketiga aspek KPS siswa pada penerapan model DL di kelas XA SMA Muhammadiyah 1 Ngawi Tahun Pelajaran 2016/2017.

Keywords

discovery learning model, KPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.