ESTIMASI PEMELIHARAAN JALAN DAERAH BERDASARKAN PROGRAM KRMS (KABUPATEN ROAD MANAGEMENT SYSTEM) DAN LCCA (LIFE CYCLE COST ANALYSIS)

Wahyudi Wahyudi, Florentina Pungky Pramesti, Bambang Setiawan

Abstract

Terdapat beberapa program pengelolaan anggaran biaya pemeliharaan jalan, salah satu yang banyak digunakan belakangan ini adalah LCCA (Life Cycle Cost Analysis). Disamping program tersebut, Kementerian PU memperkenalkan program KRMS (Kabupaten Road Management System) yaitu program baru yang bukan hanya menghitung anggaran biaya yang terdapat di perkerasan saja, melainkan menghitung pula anggaran komponen-komponen jalan daerah. Akan tetapi penggunaan program tersebut masih dalam masa percobaan, sehingga diperlukan sebuah penelitian untuk melihat sejauh mana program tersebut dapat digunakan dengan cara membandingkannya dengan program LCCA. Lokasi penelitian adalah sembilan ruas jalan Kabupaten Takalar, yang menghubungkan antara daerah di Kabupaten. Selain hal tersebut, penelitian ini juga menghitung analisis sensitivitas terhadap Program KRMS dan LCCA akibat perubahan parameter-parameter biaya pemeliharaan . Hasil yang diperoleh nilai t-hitung -0,631 setelah dikonsultasikan dengan t-tabel yaitu -2,306 sampai 2,306 thit berada dalam t-tabel, sehingga terdapat persamaan perhitungan antara KRMS dan LCCA. Selain itu dalam analisis sensitivitas, biaya pemeliharaan jalan dengan menggunakan KRMS maupun LCCA sensitif terhadap perubahan LHR dan tidak sensitif terhadap perubahan peningkatan harga bahan bangunan. Program KRMS lebih sensitif dari pada program LCCA terhadap perubahan yang terjadi pada LHR.

Full Text:

PDF

References

Austroads., 1987, A Guide to the Visual Assesment of Pavement Condition, Sydney


Bolla, M.E., 2012, Perbandingan Metode Bina Marga dan Metode PCI (Pavement Condition Index) dalam Penilaian Kondisi Perkerasan Jalan, Tesis, Universitas Nusa Cendana, Kupang.


BPS Takalar. (2015). Statistik Daerah Kabupaten Takalar. Takalar: Badan Pusat Statistik Kabupaten Takalar.


Croney, D, 1977. The Design and Performance of Road Pavements. Transport and Road Research Laboratory, London.


Federal Highway Administration (FHWA), 2003, “Distress Identification Manual for The Longterm Pavement Performance Program”, U.S. Departement of Transportation, Report No.FHWA-RD-03-03/2564, Washington DC.


Hardiyatmo H.C., 2015, Pemeliharaan Jalan Raya, Gajah Mada University Press,`Yogyakarta.


Haryanta, Joko Tri, 2018, Penilaian Kinerja Ruas Jalan Kabupaten Magetan Berdasarkan Kabupaten Road Management System (KRMS). Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil 2018 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta


Hudaya, Khoirul, 2018, Identifikasi Life Cycly Cost Pada Pemeliharaan Gedung (Studikasus: Gedung Kantor Badan Pengelola Keuangan Daerah Patangsiantar). Universitas Sumatera Utara Repositori Institusi USU Departemen Teknik Sipil


Isyanto, 2005, Pengaruh Kendaraan Parkir Terhadap Kinerja Pelayanan Ruas Jalan Pada Jalan Pada Jalan Antar Kota Dua lajur Dua Arah. Universitas Diponegoro Program Pasca Sarjana Magister Teknik Sipil


Kareth, Richson, 2015, Penggunan Life Cycle Cost Analysis (LLCA) Dalam Menentukan Biaya Ekonomis Untuk Penanganan Perkerasan Jalan Kabupaten Sorong Selatan, Tugas Akhir Tesis Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret


Matam, Nyoman Karnata, 2011 , Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Bangkitan Pergerakan di Pasar Pandak Gede, Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 15, No.1, Januari 2011


Saputro, Dian Agung, 2015, Penentuan Jenis Pemeliharaan Jalan dengan menggunakan Metode Bina Marga (Studi Kasus: Kecamatan Jabung Kabupaten Malang). Jurnal Ilmu-ilmu Taknik Sistem. Vol.10 No 2


Shahin, M. Y. 1994. Pavement Management for Airport, Roads, and Parking lots. Chapman & Hill, New York.


Simamoro, Marsinta, dkk, 2018, Dampak Kerusakan Dini Perkerasan Jalan terhadap Kerugian Aspek Finansial.


Media Komunikasi Teknik Sipil Volume 24, No 2, 2018, 184-191


Sukirman, S., 1999, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Bandung: Badan Penerbit Nova.


Sukirman, S., 2010, Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur, Bandung: Badan Penerbit Nova.


Tranggono, M., 2005, Teknik Evaluasi Kinerja Perkerasan Lentur, Bandung: Pusat Penelitian Pengembangan Prasarana Transportasi.


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan.


Yoder, E. J. 1967. Principles of Pavement Design. Jhon Wiley & Sons, Inc. New York – London – Sydney - Toronto.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.