MODEL PROBABILITAS PENGGUNA JALAN TERHADAP TARIF TOL SOLO – NGAWI (STUDI KASUS : KARTASURA – SRAGEN)

Dewi Handayani, Jessica Rotua V Lubis, Lydia Novitriana Nurhidayati

Abstract

Salah satu proyek mega jalan tol yang dicanangkan pemerintah adalah Proyek jalan Tol Trans Jawa yang terdiri dari sembilan ruas dan salah satunya adalah ruas Solo – Ngawi. Sejalan dengan pembangunan Proyek jalan Tol Solo – Ngawi, maka faktor tarif jalan tol dan waktu tempuh sangat diperhitungkan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model probabilitas pengguna jalan dalam memilih jalan tol berdasarkan tarif dan waktu tempuh. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuisioner stated preference kepada pengguna kendaraan pribadi beroda empat di ruas jalan arteri Kartasura - Sragen. Formulir survei dikelompokkan menjadi 2 bentuk formulir, yaitu formulir 1 berisi data karakteristik responden dan formulir 2 berisi pilihan responden terhadap 9 skenario yang diperoleh dari 2 faktor: tarif berdasarkan Willingness To Pay (WTP) dan waktu tempuh. Masing-masing atribut merupakan selisih dalam menggunakan jalan tol dan jalan non tol. Selanjutnya data yang diperoleh akan dianalisa fungsi utilitas regresi linier nya dengan model logit dan model probit untuk diketahui nilai perbandingan probabiltas pengguna. Sehingga hasil yang diperoleh merupakan nilai probabilitas yang hampir sama antara model logit dan probit. Probabilitas paling besar terjadi pada Skenario 1 dengan selisih tarif tol dan non tol Rp. 21.000 dan selisih waktu tempuh tol dan non tol 75 menit. Probabilitas paling kecil terjadi pada Skenario 9 dengan selilih tarif selisih tarif tol dan non tol Rp. 38.500 dan selisih waktu tempuh tol dan non tol 51 menit.

Kata kunci: willingness to pay, logit binomial, probit binomial, stated preference

Full Text:

PDF

References

Ben-Akiva, M.E dan Bolduc, Denis.(1996). “Multinomial Probit with a Logit Kernel and a General Parametric Specification of The Covariance Structure”. MIT Press. Cambridge, Mass.

Ben-Akiva, M.E dan Lerman, S.R.(1985). “Discrete Choice Analysis: Theory and Application to Travel Demand”. MIT Press. Cambridge, Mass.

Breidert Christoph. (2005). “Estimation of Willingness to Pay: Theory, Measurement, Application”. Deutscher Universitäts-Verlag.

Greene, William H. (1997). “Econometric Analysis”. Prentice Hall. University of Michigan. New York.

Hensher, D.A. (1993). “Stated Preference Analysis of Travel Choices: The State of Practice”. Institute of Transport Studies, Graduate School of Business, University of Sydney.

Hensher, D.A., Rose, J.M. dan Greene, W.H. (2005). “Applied Choice Analysis: A Primer”. Cambridge University Press. Cambridge.

Kanafani, Adib K.(1983). “Transportation Deman Analysis”. McGraw Hill. University Of Michigan. New York

Kroes, Eric P. dan Robert J Sheldon.(1988). “Stated Preference Methods: An Introduction”. Journal Of Transport Econimics and Policy.

Lestari, Fitri Catur, (2015). “Model Probit dan Logit”. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Jakarta

Miro, Fidel. (2005). “Perencanaan Transportasi”. Jakarta: Erlangga.

Ortuzar, Juan de Dios, dan Luis G. Willumsen.(2011). “Modelling Transport”. West Sussex: John Wiley & Sons, Ltd.

Panjaitan, Imelda M. (2012).” Pemodelan Pemilihan Moda Angkutan Penumpang Karya Agung & KBT (Koperasi Bintang Tapanuli) dengan ketetapan Model Probit dan Logit Studi Kasus Medan – Balige”.Jurnal Universitas Sumatera Utara.

Prakoso, Rendy Wisnu. (2011). “Analisa Tarif Tol dengan Metode Stated Preference Studi Kasus Jalan Tol Jorr II Segmen Cengkareng – Kunciran”. Jurnal Universitas Indonesia

Rahardjo, Edy. (2001). “Perbandingan Model Probit dan Model Logit Dalam Menghitung Probabilitas Pilihan Menggunaka Kendaraan Pribadi dan Angkutan Umum”. Jurnal Universitas Indonesia.

Syafi’i. (2010). “Topik Khusus Perencanaan dan Pemodelan Transportasi”. http://sipil.ft.uns.ac.id/ekuliah/login/index.php. Diakses pada tanggal 28 September 2016.

Tamin, O.Z.(2000). “Perencanaan dan Pemodelan Transportasi Jilid 1”.ITB Bandung.

Tim Pelaksanaan Pekerjaan ATP – WTP Tol Solo - Ngawi. (2016). “Usulan Teknis ATP WTP PT SNJ”. Surakarta.