Efektifitas Media untuk Peningkatan Pengetahuan dan Sikap pada Perilaku Hidup Bersih-Sehat Siswa Sekolah Dasar saat Adaptasi Kebiasaan Baru Era COVID-19
Abstract
Adaptasi kebiasaan baru pada era COVID19 dalam upaya persiapan tatap muka (PTM) untuk siswa sekolah dasar adalah perlu dilakukan, maka perlu dilakukan edukasi dalam peningkatan pengetahuan dan sikap terkait perilaku hidup bersih-sehat (PHBS). Media edukasi terdapat variasi yang digunakan untuk pendidikan jarak jauh pada pandemi COVID-19. Media yang tepat dalam pembelajaran berperan penting dalam capaian hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perbedaan pengetahuan dan sikap terkait PHBS sebelum dan sesudah edukasi pada siswa SD dengan media video pembelajaran, video kartun animasi, dan elektronik poster (e-poster), serta mengidentifikasi perbedaan antar ketiga media edukasi dalam peningkatan skor pengetahuan dan sikap. Metode pretest-posttest design digunakan dalam mengevaluasi efektifitas media edukasi pada siswa SD di Kabupaten Pati yang bersedia turut serta dalam penelitian ini. Tiap siswa diberikan satu jenis media yang berbeda yang dipilih secara acak. Pada penelitian ini diperoleh 207 siswa. Ketiga media edukasi efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa secara signifikan (p<0,05), serta terdapat pula peningkatan jumlah siswa yang termasuk kategori baik dan tidak ditemukannya kembali siswa dalam kategori kurang pada aspek pengetahuan dan sikap setelah pemberian edukasi. Peningkatan pengetahuan dan sikap paling tinggi adalah pada media video pembelajaran, dan berturut turut diikuti media video animasi dan media poster elektronik, namun keefektifitasan ketiga jenis media edukasi tersebut dalam peningkatan skor pengetahuan dan sikap tidak berbeda bermakna. Ketiga media tersebut dapat digunakan sebagai alternatif media edukasi PHBS pada siswa SD.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. (2017). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 9-20.
Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., dan Nadhifah, R. (2021). Video Animasi sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci-Journal of Media and Communication Science, 4(2), 54–67.
Andriany, P., Novita, C. F., dan Aqmaliya, S. (2016). Perbandingan Efektifitas Media Penyuluhan Poster dan Kartun Animasi terhadap Pengetahuan kesehatan Gigi dan Mulut (Studi pada Siswa/i Kelas V SDN 24 Kota Banda Aceh). Journal of Syiah Kuala Dentistry Society, 1(1), 65–72.
Batubara, H. H., dan Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna, 2(1), 47–66.
Beigel, J. H., Tomashek, K. M., Dodd, L. E., Mehta, A. K., Zingman, B. S., Kalil, A. C., Hohmann, E., Chu, H. Y., Luetkemeyer, A., Kline, S., Lopez de Castilla, D., Finberg, R. W., Dierberg, K., Tapson, V., Hsieh, L., Patterson, T. F., Paredes, R., Sweeney, D. A., Short, W. R., Touloumi, G., Lye, D. C., Ohmagari, N., Oh, M., Ruiz-Palacios, G. M., Benfield, T., Fatkenheuer, G., Kortepeter, M. G., Atmar, R. L., Creech, C. B., Lundgren, J., Babiker, A. G., Pett, S., Neaton, J. D., Burgess, T. H., Bonnett, T., Green, M., Makowski, M., Osinusi, A., Nayak, S., dan Lane, H. C. (2020). Remdesivir for the Treatment of Covid-19 - Final Report. The New England Journal of Medicine, 383(19), 1813–1826. https://doi.org/10.1056/NEJMoa2007764
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Dahlan, M. S. (2014). Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan Seri 1 Edisi 6. Jakarta: Epidemiologi Indonesia.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.
Djonnaidi, S., Wahyuni, N., dan Nova, F. (2021). Pengaruh Penerapan Media Poster Digital dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi terhadap Kemampuan Berbicara Siswa di Politeknik Negeri Padang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(1), 38–46.
Harsono, Rosanti, S. Y., dan Seman, N. A. A. (2019). The effectiveness of posters as a learning media to improve student learning quality. The Journal of Social Sciences Research, 97–103.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (2020). Ajari Anak Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Masa New Normal. Available from: https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/2764/ajari-anak-perilaku-hidup-bersih-dan-sehat-di-masa-new-normal [Diakses tanggal 17 Mei 2021].
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Available from: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19 [Diakses tanggal 17 Mei 2021].
Mashuri, D. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903.
Newsom, L. C., Miller, S. W., dan Chesson, M. (2021). Use of Digital vs Printed Posters for Teaching and Learning in Pharmacy Education. American Journal of Pharmaceutical Education, 85(6). https://doi.org/10.5688/ajpe8307
Notoatmodjo, S. (2007). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian. Jakarta: Salemba Medika.
Nursalam, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran E-Poster Berbasis Website Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi Dan Kegunaannya Siswa Kelas III SD Islam Al Madina Semarang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/30090/1/1401413002.pdf
Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., dan Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2020. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8793
Pemerintah Kabupaten Pati. (2021). Bupati : PTM Sekolah Terdampak Covid-19 dihentikan Sementara. Available from: https://www.patikab.go.id/v2/id/2021/04/22/bupati--ptm-sekolah-terdampak-covid19-dihentikan-s/ [Diakses tanggal 15 Mei 2021].
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. (2021). Pemprov Jateng Izinkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Ini Syarat yang Wajib Dipatuhi. Available from: https://jatengprov.go.id/beritaopd/pemprov-jateng-izinkan-pembelajaran-tatap-muka-terbatas-ini-syarat-yang-wajib-dipatuhi/ [Diakses tanggal 15 Mei 2021].
Puspikawati, S. I., dan Megatsari, H. (2018). Pengaruh Pendidikan Sebaya terhadap Pengetahuan Kesehatan Repoduksi Remaja di Karang Taruna Kabupaten Banyuwangi. Journal of Public Health Research and Community Health Development, 1(2), 80-88. http://dx.doi.org/10.20473/jphrecode.v1i2.16236
Putra, I. B. P. P., dan Supadmi, N. L. (2019). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Persepsi Mahasiswa, Modal Minimal dan Hubungan Pertemanan pada Minat Berinvestasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 27, 1144-1170. https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v27.i02.p12
RRI. (2021). Disdikbud Pati Uji Coba PTM Terbatas. Available from: https://rri.co.id/semarang/pendidikan/seputar-pendidikan/1179589/disdikbud-pati-uji-coba-ptm-terbatas?utm_source=terbaru_widget&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General Campaign [Diakses tanggal 15 Mei 2021].
Shin, S. J. (2012). Evaluation of Electronic Versus Traditional Format Poster Presentations. Medical Education, 46(5), 519-520. https://doi.org/10.1111/j.1365-2923.2012.04253.x
Siada, N. B., Juanita, R. A., Sanjaya, D. A., Meriyani, H., dan Rahayu, T.A. (2022). Penggunaan Antivirus Remdesivir untuk Pasien COVID-19 dengan Kehamilan: Studi Literatur. J Pharm Sci, 2, 180.
Siswanto, A., Purnomo, B., dan Indrayani, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Poster Berbasis Software Adobe Photoshop Materi Pertempuran 10 November 1945 Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kota Jambi. Skripsi, https://repository.unja.ac.id/25779/
Spinelli, A., dan Pellino, G. (2020). COVID-19 Pandemic: Perspectives on an Unfolding Crisis. Journal of British Surgery, 107(7), 785-787. https://doi.org/10.1002/bjs.11627
Sumanto, Y., dan Sadewo, Y. D. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran sebagai Media Pembelajaran Daring di SD Negeri Sojopuro dalam Masa COVID-19. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(1), 01-14. https://doi.org/10.46229/elia.v1i1.237
Sunami, M. A., dan Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940-1945.
Supriyatno., Tafliati, H., Syaifuddin, M. A., Sandi, F. A., Pratiwi, R., Laela, S., Tuasikal, S., Munajat, R., Diah, A., Afifa, S., Tjandra, L., dan Pramono, I. (2021). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah untuk Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. Direktorat Sekolah Dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Available from: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/uks/20211707 Buku Saku - PHBS-Spread Pages.pdf [Diakses tanggal 21 Oktober 2021].
Sasanti, A.D., Maharani, L., Sholihat, N.K., Adi, T., Purwonugroho, I.M., dan Ilma, D.L. (2022). Analisis Kualitatif Mengenai Peran dan Perilaku Apoteker di Apotek Terkait Penggunaan Telefarmasi Selama Pandemi COVID-19. J Pharm Sci, 2, p.150.
Refbacks
- There are currently no refbacks.