Analisis Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit UNS

Niken Kusuma Astuti, Wisnu Kundarto

Abstract

Rumah sakit UNS merupakan rumah sakit pendidikan milik UNS yang juga memberikan pelayanan untuk pasien BPJS. Belum ada penelitian terkait kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di rumah sakit tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui profil tingkat kepuasan dan prioritas perbaikan yang perlu dilakukan di instalasi farmasi rumah sakit UNS terhadap pelayanan kefarmasian pada pasien BPJS rawat jalan. Penelitian ini termasuk non-eksperimental bersifat deskriptif menggunakan kuesioner. Responden dipilih dengan teknik convenience sampling. Untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien dan evaluasi pelayanan digunakan metode SERVQUAL. Sedangkan, untuk mengetahui prioritas perbaikan dilakukan analisis dengan Customer Window Quadrant. Hasil penelitian menunjukan tingkat kepuasan pada dimensi tangible, reliability, assurance, responsiveness, dan empati berturut-turut sebesar  94,24%, 94,80%, 91,11%, 95,70%, dan 93,96%. Sedangkan, prioritas utama yang perlu dilakukan IFRS UNS yaitu kecepatan pelayanan kefarmasian, dan pemberian informasi mengenai obat secara lebih mendetail.

Keywords

SERVQUAL, Customer Window Quadrant, Tingkat Kepuasan, BPJS

Full Text:

PDF

References

Ghozali, I., 2006, Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi ke 5), Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Handayani, W., dan Gamayanto, I., 2015, Perancangan Business Online Heynis Hijab Untuk Meningkatkan Penjualan Dengan Menggunakan Metode Jendela Pelanggan (Customer Window), Skripsi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro

Handayani, R.S., dan Yuniar, Y., 2016, Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek, Jurnal Kefarmasian Indonesia,Vol-6(1) 39-48.

Nasir, Muhith, dan Ideputri, 2011, Buku Ajar : Metode Penelitian Kesehatan kesehatan, Nuha Medika, Yogyakarta.

Maharani, E., 2014, Analisis Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Farmasi di Apotek Rawat Jalan RSO Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta, Tugas Akhir, FMIPA, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Mardiana.D, 2016, Tinjauan Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Petugas Tempat Pendaftaran Rawat Jalan di RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan Tahun 2016.

Risha, F.F., dan Umi, S., 2014, Perbandingan Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi Pasien BPJS Rawat Jalan Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta Kota Semarang.

Riyanto, A., 2011, Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan, Muha Medika, Yogyakarta.

Supranto, 2001, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Rineka Cipta, Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.