PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL TERHADAP HOTS SISWA PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PENGOLAH ANGKA DI SMK SURAKARTA
Abstract
ABSTRACT The study aimed to obtain empirical evidence regarding the differences in higher order thinking skills among students taught using the problem-based learning (PBL) model assisted by modules. This quantitative quasi-experimental research employed a posttest control group design with purposive sampling of two classes. The experimental class received treatment in the form of PBL with module assistance, while the control class received PBL without module assistance. HOTS assessment was conducted through posttests to compare the experimental and control classes. Data analysis involved preconditional testing and hypothesis testing using t-tests. The findings revealed: 1) Significant differences in HOTS between the experimental class (PBL with module assistance) and the control class (PBL) with a sig. value of 0.000<0.05; 2) Differences in HOTS within the experimental class before and after treatment, demonstrated by a sig. value of 0.000<0.05. This research has an impact on practitioners in the field of education in designing learning of spreadsheet. The conclusion of this research was, there was a difference between the HOTS of the experimental group and the control after the treatment is given. Keywords : Problem based learning, module, higher order thinking skills, and spreadsheet ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai perbedaan higher order thinking skills (HOTS) siswa yang diajarkan dengan problem based learning (PBL) berbantuan modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi experiment dengan desain posttest control group only. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan terdiri dari 2 kelompok. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa penerapan PBL berbantuan modul dan kelompok kontrol diberikan perlakuan berupa penerapan PBL tanpa modul. Penilaian untuk mengukur HOTS antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol melalui posttest. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat perbedaan HOTS antara kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan berupa penerapan PBL berbantuan modul dengan kelompok kontrol yang diberi perlakuan berupa penerapan PBL, yang ditunjukan dengan nilai sig. sebesar 0,000<0,05; 2) Terdapat perbedaan HOTS kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, yang ditunjukan dengan nilai sig. 0,000<0,05. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat perbedaan HOTS antara kelompok yang diajarkan dengan PBL berbantuan modul dengan kelompok yang diajarkan dengan PBL. Kata Kunci : Problem based learning, modul, dan higher order thinking skills, aplikasi pengolah angka
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v4i2.92784
Refbacks
- There are currently no refbacks.
|