PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PEMBELAJARAN AKUNTANSI MENGGUNAKAN MEDIA WALL CHART BERBASIS SOSIOKULTURAL BAGI SISWA SMK

Christabela Pakarena, Sigit Santoso, Binti Muchsini

Abstract


Abstract This study aims to improve accounting learning problem-solving skills using sociocultural-based wallchart media for grade XI students of SMK Surakarta. This research is a type of Classroom Action Research (CAR). Data collection techniques use observation, tests and documentation. The data validity test technique in this study uses the method triangulation technique. Data analysis of this study used quantitative and qualitative data. This research sets an indicator of the achievement of problem-solving skills at 80% of students achieving Minimum Completeness Criteria 76. In pre-action, the percentage of accounting learning problem-solving skills is 50% of students achieve KKM. In the first cycle, the percentage of accounting learning problem-solving skills amounted to 78% of students achieving KKM. In the second cycle, accounting learning problem-solving skills have reached success indicators of 89% of students achieving KKM. Based on this research, wallchart media can improve accounting learning problemsolving skills. Keywords: media wall chart, accounting, problem-solving skills Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pembelajaran akuntansi bagi siswa kelas XI di SMK Surakarta menggunakan media wallchart berbasis sosiokultural. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menetapkan indikator capaian keberhasilan keterampilan pemecahan masalah sebesar 80% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 76. Pada pratindakan persentase keterampilan pemecahan masalah pembelajaran akuntansi sebesar 50% siswa mencapai KKM. Pada siklus I persentase keterampilan pemecahan masalah pembelajaran akuntansi sebesar 78% siswa mencapai KKM. Pada siklus II keterampilan pemecahan masalah pembelajaran akuntansi sudah mencapai indikator capaian keberhasilan sebesar 89% siswa mencapai KKM. Berdasarkan penelitian ini, media wallchart dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pembelajaran akuntansi. Kata kunci : media, akuntansi, keterampilan pemecahan masalah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v4i2.92780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






JPPAK
Print ISSN: 
Online ISSN: 2807-6575
Website: 
Email: 
Published by: Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami Street, No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126