PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR

Oktaviana Dewi, Siswandari Siswandari, Asri Diah Susanti

Abstract


ABSTRACT This study aims to examine (1) the influence of students' perceptions of the teacher's teaching skills on basic accounting learning achievement; (2) the influence of learning interest on basic accounting learning achievement; (3) the influence of students' perceptions of the teacher's teaching skills and interest in learning together on basic accounting learning achievement. This study uses a descriptive quantitative method with a causality approach.. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. The results show (1) there is a significant influence on students' perceptions of teacher teaching skills on basic accounting learning achievement, this was indicated by the Sig. 0.007 <0.05; (2) there is a significant effect of learning interest on basic accounting learning achievement, this is indicated by the Sig. 0.015 < 0.05; (3) there is a significant influence on students' perceptions of the teacher's teaching skills and learning interest together on basic accounting learning achievement, this is indicated by a Sig value of 0.000 <0.05. The regression equation is Y = -6.377 + 0.435X1 + 0,556X2. Keywords: teaching skills, learning interest, learning achievement ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi dasar; (2) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar akuntansi dasar; (3) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan kausalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi dasar, hal ini ditunjukkan oleh nilai Sig. 0,007 < 0,05; (2) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar akuntansi dasar, hal ini ditunjukkan oleh nilai Sig. 0,015 < 0,05; (3) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi dasar, hal ini ditunjukkan oleh nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05,. Persamaan regresinya adalah Y = -6,377 + 0,435X1 + 0,556X2. Kata kunci: keterampilan mengajar, minat belajar, prestasi belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v4i1.92776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






JPPAK
Print ISSN: 
Online ISSN: 2807-6575
Website: 
Email: 
Published by: Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami Street, No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126