HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA DALAM MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Silvia Dewi, susilaningsih susilaningsih, lies nurhaini

Abstract


ABSTRACT

              This objectives of this research was to find out the correlation of adversity quotient and social support partially or simultaneously with academic achievement in introductory accounting courses. This type of research is quantitative correlational research. The population in this study was the students of Sebelas Maret University who had taken introductory accounting courses totaling 610 students. The sample taken by using proportional random sampling technique. Data collection techniques used are documentation for the value of introductory accounting courses, questionnaires for adversity quotient scores and social support. The data analysis technique uses product moment correlation and multiple correlation. The results showed that there was a positive and significant adversity quotient and social support partially or simultaneously with student academic achievement in introductory accounting courses.

 

Keywords: Adversity Quotient, Social Support, Academic Achievement in Introductory Accounting Courses

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif adversity quotient dan dukungan sosial secara parsial maupun simultasn dengan prestasi akademik mata kuliah pengantar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Sebelas Maret yang telah menempuh mata kuliah pengantar akuntansi berjumlah 610 mahasiswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi untuk nilai mata kuliah pengantar akuntansi, kuesioner untuk skor adversity quotient dan dukungan sosial. Teknik analisis data menggunakan analisis koefisien korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adversity quotient dan dukungan sosial secara parsial maupun simultan memiliki hubungan positif dan signifikan dengan prestasi akademik mahasiswa pada mata kuliah pengantar akuntansi.

 

Kata Kunci: Adversity Quotient, Dukungan Sosial, Prestasi Akademik pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi

 


Full Text:

PDF
rticle

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Farelin, F., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan Antara Adversity Intelligence dengan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa. Empati, 6(2), 47-56.

Hidayah, N., & Silaen, S. M. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Dukungan Sosial Dan Kepercayaan Diri Pada Remaja (Siswa SMP) Di Rusunawa Jatinegara Barat. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 3(1), 46-52.

Indra, S., & Rusmita, S. (2018). Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Mahasiswa Jurusan Akuntansi FEB UNTAN). Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK), 7(1), 72-85.

Khairani, A. Z., & Abdullah, S. M. S. (2018). Relationship between adversity quotient and academic well-being among Malaysian undergraduates. Asian Journal of Scientific Research, 11(1), 51-55.

Kuhon, F. (2020). A study on students’ adversity quotient and academic performance in english subject. Journal of Advanced English Studies, 3(1), 24-29.

Li, J., Han, X., Wang, W., Sun, G., & Cheng, Z. (2018). How social support influences university students' academic achievement and emotional exhaustion: The mediating role of self-esteem. Learning and Individual Differences, 61, 120-126.

Martin, D. D., Wright, A. C., & Krieg, J. M. (2020). Social networks and college performance: Evidence from dining data. Economics of Education Review, 79, 102063

McClelland, C David. 2010. The Achieving Society. New York: Martini Publishing.

Rodriguez, A. (2019). Know your data: Evaluation of normality for continuous variables and tools to deal with non-normal distributions. Medicina clinica, 154(4), 142-145.

Stoltz, P. G. (2000). Adversity quotient at Work. Newyork: Harper Collins.

Sugiyono. (2015). Metode Peneltian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. (2010). Metode penenelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wirawan, A. R., & Lauw, S. (2018). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Pengantar Akuntansi I. Juripol, 1(1), 33-49.




DOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v2i2.60562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






JPPAK
Print ISSN: 
Online ISSN: 2807-6575
Website: 
Email: 
Published by: Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami Street, No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126