PENGARUH KARAKTER WIRAUSAHA, LINGKUNGAN SOSIAL, DAN PERSONAL FINANCE TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA

Rini Dwi Ningsih, susilaningsih susilaningsih, Asri Diah Susanti

Abstract


Abstract

 

This study aims to determine 1) the effect of entrepreneur character on entrepreneurial intention; 2) the effect of social environment on entrepreneurial intention; 3) the effect of personal finance on entrepreneurial intention; and 4) the effect of entrepreneurial character, social environment, and personal finance on entrepreneurial intention. This study uses quantitative methods with a population of students of SMK class X, XI, XII all majors. Sampling was done by proportionate stratified random sampling with a total of 227 students. Data were collected using a questionnaire distributed online and then the data wa analyzed using multiple linier regression analysis techniques.

The results obtained conclusions 1) entrepreneur character has no significant effect on entrepreneurial intention; 2) social environment has positive and  significant effect on entrepreneurial intention; 3) personal finance has no significant effect on entrepreneurial intention; and 4) simultaneously entrepreneur character, social environment, and personal finance have positive and significant effect on entrepreneurial intention. The three predictors together can affect the entrepreneurial intention with a percentage of 41,4% and 58,6% are affected by other predictors that are outside the variables of this study.
Keywords: entrepreneur character, social environment, personal finance, entrepreneurial intention

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh karakter wirausaha terhadap intensi berwirausaha; 2) pengaruh lingkungan sosial terhadap intensi berwirausaha; 3) pengaruh personal finance terhadap intensi berwirausaha; dan 4) pengaruh karakter wirausaha, lingkungan sosial, dan personal finance terhadap intensi berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi siswa SMK kelas  X, XI, XII semua jurusan. Pengambilan sampel dilakukan secara proportionate stratified random sampling dengan jumlah 227 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebar secara online kemudian data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian diperoleh simpulan 1) karakter wirausaha tidak berpengaruh secara signifikan terhadap intensi berwirausaha; 2) lingkungan sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha; 3) personal finance tidak berpengaruh secara signifikan terhadap intensi berwirausaha; dan 4) secara simultan karakter wirausaha, lingkungan sosial, dan personal finance memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha. Ketiga prediktor secara bersama-sama dapat memengaruhi intensi berwirausaha dengan persentase sebe sar 41,4% dan 58,6% dipengaruhi oleh prediktor lain yang berada di luar variabel penelitian ini.

 

Kata kunci: karakter wirausaha, lingkungan sosial, personal finance, intensi berwirausaha

 


Full Text:

PDF
rticle

References


DAFTAR PUSTAKA

Crotty, J.M. (2013, 13 Maret). Motivation matters: 40% of high school students chronically disengaged from school. Diperoleh 13 Maret 2021, dari http://www.forbes.com/sites/

jamesmarshallcrotty/2013/03/13/motivation-matters-40-of-high-school-students-chronically-disengaged-from-school/?sh=7fe1ba6a6594.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Tahun 2020-2024. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dirgayunita, A. (2016). Depresi: Ciri, Penyebab dan Penangannya. Journal An-nafs: Kajian dan Penelitian Psikologi, 1 (1), 1-14. Diperoleh 7 Maret 2021, dari http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/psikologi/article/download/235/447/.

JPNN. (2019, 7 Mei). Ini daerah ’jawara’ kasus kecurangan UN. Diperoleh 14 Maret 2021, dari http://www.jpnn.com/news/ini-daerah-jawara-kasus-kecurangan-un.

Khotimah, K. (2017). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MTS Ma’arif 13 Hargomulyo Lampung Timur. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung.

Kusumadewi, R.R. (2014). Hubungan Efikasi Diri, Kemandirian Belajar dan Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Surakarta.

Lestari, P. & Sumarsih. (2018). Pengaruh Aspirasi Siswa, Lingkungan Teman Sebaya, dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 7 (1), 1-17. Diperoleh 7 Maret 2021, dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kpai/article/view/13946.

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Riau. (2016, 24 Juli). 8 Keterampilan Mengajar yang Wajib Dimiliki Guru. Diperoleh 27 April 2021, dari http://lpmpriau.kemdikbud.go.id/8-keterampilan-mengajar-yang-wajib-dimiliki-guru/.

Madjid, A. (2019). Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar. Journal Peqguruang: Conference Series, 1 (1), 1-10. Diperoleh 5 Maret 2021, dari http://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruang/article/view/327.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sabrina, R. & Yamin, M.F. (2017). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (4), 108-118. Diperoleh 27 April 2021, dari http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/download/7736/3350.

Santosa, D.T. & Us, T. (2016). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar dan Solusi Penanganan pada Siswa Kelas

XI Jurusan Teknik Sepeda Motor. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 12 (2), 14-21. Diperoleh 14 Maret 2021, dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/otomotif-s1/article/view/2896.

Saptono, Y.J. (2016). Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidei, 1 (1), 189-212. Diperoleh 27 April 2021, dari http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/download/9/9.

Siregar, E. & Nara, H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Triansari, N. & Widayati, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Kinerja Mengajar Guru, dan Kemandirian Belajar terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17 (2), 101-116. Diperoleh 5 Maret 2021, dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/28697/12812.

Uno, H.B. (2019). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Valentin, R.R. & Hadi, N.U. (2018). Analisis Keyakinan Diri (Self Efficacy) Akademik dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 12 (1), 142-154. Diperoleh 31 Maret 2021, dari http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/download/7749/5682/.

Wijaya, C. (2021, 18 Februari).

Covid-19: ‘Stres, mudah marah, hingga dugaan bunuh diri’, persoalan mental murid selama sekolah dari rumah. Diperoleh 7 Maret 2021, dari http://www.bbc.com/indonesia/indonesia-55992502




DOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v2i2.60541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






JPPAK
Print ISSN: 
Online ISSN: 2807-6575
Website: 
Email: 
Published by: Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami Street, No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126