HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL PERILAKU BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS PADA SISWA SMK AKUNTANSI DI SURAKARTA)
Abstract
ABSTRACT
This study aims to examine: 1) the impacts of interpersonal communication on accounting learning achievement; 2) the impacts of study habits on accounting learning achievement; and 3) the impacts of interpersonal communication and study habits on accounting learning achievement of VHS students in Surakarta. The method of this research is descriptive quantitative with a causal correlation approach. The population in this study were students of class XII majoring in accounting and financial program of VHS in Surakarta which consist of 391 students. The sample in this study were 198 students who were chosen using probability and proportional random sampling techniques. The data were collected using questionnaires and tests. The analysis of the data used in this study is a simple regression test and multiple regression test. The results showed that: 1) there was an impact of interpersonal communication on accounting learning achievement; 2) there is an impact of study habits on accounting learning achievement; and 3) there is an impact of interpersonal communication and study habits on accounting learning achievement.
Keyword: Interpersonal communication, study habits, accounting learning achievement
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) pengaruh komunikasi interpersonal terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi; dan 3) pengaruh komunikasi interpersonal dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK di Kota Surakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan kausal (sebab akibat). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII program keahlian akuntansi dan keuangan lembaga SMK Se-Surakarta yang berjumlah 391 siswa. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 198 siswa yang diambil dengan teknik probability dan proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh komunikasi interpersonal terhadap prestasi belajar akuntansi, terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi dan, terdapat pengaruh komunikasi interpersonal dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi yang dilihat dari taraf signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,000.
Kata kunci: Komunikasi interpersonal, kebiasaan belajar, prestasi belajar akuntansi.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Achmad, R. I., Mujasam., Yusuf, I., & Widyaningsih, S.W. (2017). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika (Versi elektronik). Prosiding Seminar Nasional, 3 (1), 177 - 187. Papua : Universitas Papua. Diperoleh 04 Desember 2020, dari http://journal.uncp.ac.id
Afrinaval, G. & Syamwil. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Jasa, Dagang Dan Manufaktur Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK Negeri 2 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019 (Versi elektronik). Jurnal EcoGen, 2 (4), 624-633. Diperoleh 1 Juni 2021, dari http://ejournal.unp.ac.id/
Albarado, A.P. & Eminita, V. (2020). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTS Khazanah Kebajikan (Versi elektronik). Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6 (2), 167-174. Diperoleh 1 Juni 2021, dari https://jurnal.umj.ac.id/
Andrie, S., Novi, R.A., & Saputri, S.D. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Versi elektronik). Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7 (2), 117-121. Diperoleh 15 Oktober 2020, dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU
Arlina, S.N. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi Pada SSMK St. Bonaventura 1 Madiun (Versi elektronik). Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi, 3 (2). Diperoleh 4 Desember 2020, dari prosiding.unipma.ac.id
Aufirandra, F., Adelya, B., & Ulfah, S. (2017). Komunikasi Mempengaruhi Tingkah Laku Individu (Versi elektronik). Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2 (2), 9-15. Diperoleh 3 Desember 2020, dari https://jurnal.iicet.org/
DeVito, J.A. (2001). The Interpersonal Communication Book. New York:Addison Wesley Longman Inc.
Duta, N. (2015). From Theory to Practice: The Barriers to Efficient Communication in Teacher-Student Relationship (Versi elektronik). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 187, 625-630. Diperoleh 05 Desember 2020, dari https://www.sciencedirect.com/
Muflichah, I. (2016). Hubungan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di Min Kabupaten Sleman (Versi elektronik). Jurnal Pendidikan Madrasah, 1 (1), 15-28. Diperoleh 15 Oktober 2020 dari http://digilib.uin-suka.ac.id/27076/
Sahabuddin, C. (2015). Hubungan Komunikasi Belajar Mengajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Kabupaten Majene (Versi elektronik). Jurnal Pepatuzdu, 10 (1), 17-30. Diperoleh 17 Oktober 2020, dari https://media.neliti.com/media/publications/283654-hubungan-komunikasi-belajar-mengajar-ter-d8568bbc.pdf
Silitonga, B.M & Christin, M. (2012). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kuantitatif Terhadap Dosen dan Mahasiswa di Lingkungan Ilmu Komunikasi Institut Manajemen Telkom Bandung). Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Telkom, Bandung
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sukri, M. (2012). Hubungan Komunikasi Interpersonal Siswa Dangurudengan Prestasi Belajar di Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru
Al-Hidayah Kampar Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru
DOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v2i2.60539
Refbacks
- There are currently no refbacks.
|