PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR 5E BERBANTU MEDIA POWTOON TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK

Fadhillah Rahmadhani Wahyunintya, siswandari siswandari, nurhasan Hamidi

Abstract


ABSTRACT

The aim of this study is to examine the effect of the 5E learning cycle model assisted by powtoon media on improving the critical thinking skills of SMK students'. This study is a quasi experimental with a nonequivalent control group design. The population in this study were all students of class XI Financial Accounting and Institutions at SMK. The sample was taken by using purposive sampling technique as many as 71 students. The technique to collect the data in this study used tests and observations. The data analysis used in this study was the t-test. The results showed that the 5E learning cycle model assisted by powtoon media has an effect on increasing the critical thinking skills of SMK students'. It is proven by the acquisition of an independent sample t-test where the t-count is 3,436 with a significance level of 0.001. In addition, the average critical thinking ability of students in the experimental class before and after treatment increased by 16 points, from 62 to 78.

Keywords: 5E learning cycle model, powtoon media, critical thinking skills.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model siklus belajar 5E berbantu media powtoon terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga di SMK. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 71 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model siklus belajar 5E berbantu media powtoon berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Hal ini dibuktikan melalui perolehan independent sample t-test dimana thitung 3,436 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001. Disamping itu rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen sebelum dan setelah perlakuan meningkat sebesar 16 poin, dari 62 menjadi 78.  

 

Kata kunci : model siklus belajar 5E, media powtoon, kemampuan berpikir kritis.

 


Full Text:

PDF
rticle

References


DAFTAR PUSTAKA

Alsaleh, N.J.(2020). Teaching Critical Thinking Skills: Literature Review. TOJET : The Turkish Online Journal of Educational Technology, 19(1), 21-39.

Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin, S. (2018). Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 122-127.

Baidillah, I. (2016). Penerapan Problem Based Learning Dalam Kerangka Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa. Journal of Accounting and Business Education, 2(4), 1-11.

Deliviana, E. (2017). Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat dan Problematikanya. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689–1699.

Ernalida, dkk. (2018). Powtoon: Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi sebagai Upaya dalam Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif. Jurnal Logat, 5(2), 132-138 .

Ennis, R.H. (1985). Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. Educational Leadership, 43(2), 44-48.

Facione, P. A. (2011). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight assessment, 2007(1), 1-23.

Firdaus, F., Kailani, I., Bakar, M. N. Bin, & Bakry, B. (2015). Developing Critical Thinking Skills of Students in Mathematics Learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 9(3), 226-236.

Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114.

Ihsan, N. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pemeliharaan Chasis Dan Sistem Pemindah Tenaga Kompetensi Sistem Rem Pada Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Di SMK 45 Wonosari (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.

Kazempour, M., Amirshokoohi, A., & Blamey, K. (2020). Putting Theory to Practice: Teaching the 5E Learning Cycle through Immersive Experiences for Pre-Service Teachers. European Journal of Science and Mathematics Education, 8(1), 67–75.

Kemdikbud. (2020). Pentingnya Konsep 4C dalam Pembelajaran Abad 21. Diperoleh pada 17 Januari 2021, dari

http://pauddikmasaceh.kemdikbud.go.id/news/pentingnya-konsep-4c dalam-pembelajaran-abad-21/index.html

Lusiana, L., Munzil, M., & Yulianti, E. (2020). Analysis of Critical Thinking Skills Among Seventh Grade Students in the Solar System Topic through 5E Learning Cycle Model. Proceedings of the International Conference on Learning Innovation 2019 (ICLI 2019),118–123. Malang: Atlantis Press.

Marlena, N., Dwijayanti, R., & Widayati, I. (2019). Is Audio Visual Media Effective for Learning?. 1st International Conference on Education, Social Sciences and Humanities (ICESSHum 2019), 260–264. Surabaya: Atlantis Press.

Pinto, L.E. dkk.(2014). 95 Strategi Pengajaran. Jakarta: Indeks.

Fatra, M., Rizki, A., Maryati, T.K. (2020). Concept-Based Learning dan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Maifalinda. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 2(1) 73-85.

Riduwan.(2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Semaan, C. & Nour, I. (2018). Research Article the Effect of Using Powtoon on Learning English As a Foreign Language. International Journal of Current Research, 10(05), 69262–69265.

Sari, A. A. I., & Wutsqa, D. U. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Inquiry Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 56–70.

Sari, K. J. (2019). “Aspek Aspek Berpikir Kritis Dalam Keperawatan.” Diperoleh 06 Januari 2021, dari https://doi.org/10.31219/osf.io/

Utami, K. D. (2019). Efektivitas Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 1(2), 247-264.

Wijaya, E.Y., Sudjimat, D.A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Jurnal Pendidikan, 1, 263-278.

Wirda, M.A., Berutu, N., & Rahmda, R. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Kelas B Reguler Ta 2016/2017 Melalui Penggunaan Bahan Ajar Biogeografi Berbasis Konstruktivis Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan. Jurnal Geografi, 9(1), 67-77.

Zakiah, L dan Lestari, I. 2019. Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. Bogor : Erzatama Karya Abdi.




DOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v2i1.60520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






JPPAK
Print ISSN: 
Online ISSN: 2807-6575
Website: 
Email: 
Published by: Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami Street, No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126