HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL PERILAKU BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS PADA SISWA SMK AKUNTANSI DI SURAKARTA)

Melati Nur Anafi, siswandari siswandari, Asri Diah Susanti

Abstract


ABSTRACT

 

This study aims to examine the relationship between: (1) emotional intelligence with the level of accounting understanding, (2) learning behavior with the level of accounting understanding, (3) learning interest the level of accounting understanding, and (4) emotional intelligence, learning behavior, and learning interest with the level of accounting understanding. This research is a descriptive correlational quantitative research. The population in this study were 391 students of Accounting VHS in Surakarta class XII.  A sample of 198 uses a proportionate random sampling technique. The data collection technique used questionnaires and tests, while the data analysis technique used descriptive analysis and multiple correlation. The results indicate: (1) there is a positive and significant relationship between emotional intelligence and the level of accounting understanding (0.000 <0.05), (2) there is a positive and significant relationship between learning behavior and the level of accounting understanding (0.000 <0.05) , (3) there is a positive and significant relationship between interest in learning and the level of understanding in accounting (0.000 <0.05), and (4) there is a positive and significant relationship between emotional intelligence, learning behavior, and interest in learning with the level of understanding in accounting in the regression equation model Y = 2,025 + 0,224  + 0,387  + 0,367  is statistically significant (0.000 <0.05).

Keywords: emotional intelligence, learning behavior, interest in learning, level of understanding of accounting.

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara: (1) kecerdasan emosional dengan tingkat pemahaman akuntasi, (2) perilaku belajar dengan tingkat pemahaman akuntansi, (3) minat belajar dengan tingkat pemahaman akuntansi, dan (4) kecerdasan emosional, perilaku belajar, dan minat belajar dengan tingkat pemahaman akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantiatif deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Akuntansi di Surakarta kelas XII sebanyak 391 siswa. Sampel sejumlah 198 menggunakan teknik proportionate random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan tingkat pemahaman akuntansi (0,000< 0,05), (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara perilaku belajar dengan tingkat pemahaman akuntansi (0,000 < 0,05), (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan tingkat pemahaman akuntansi (0,000 < 0,05), dan (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional, perilaku belajar, dan minat belajar dengan tingkat pemahaman akuntansi pada model persamaan regresi Y = 2,025 + 0,224  + 0,387  + 0,367  signifikan secara statistik (0,000 < 0,05).

Kata kunci: kecerdasan emosional, perilaku belajar, minat belajar, tingkat pemahaman akuntansi.

 


Full Text:

PDF
rticle

References


DAFTAR PUSTAKA

Apriliyadi. (2019, 11 Maret). Menggembirakan Makin Banyak Lulusan SMK Diserap Industri. Psmk.kemendibud.go.id. Diperoleh 15 Oktober 2020, dari http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/4235/menggembirakan-makin-banyak-lulusan-smk-diserap-industri.

Badan Pusat Statistik. (2020). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 4,99 persen. Diperoleh 13 November 2020, dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/05/05/1672/februari-2020--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-4-99-persen.html..

Baharuddin., & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Basaria, D. (2019). Gambaran Kecerdasan Emosi pada Remaja di Pulau Jawa dan Bali. Jurnal Psikologi Pendidikan, 12 (1), 81-100. Diperoleh 12 Oktober 2020, dari https://www.researchgate.net/publication/332873270.

Cherniss, C., Extein, M., Goleman, D., & Weissberg R. (2006). Emotional Intelligence: What Does the Research Really Indicate?. Education Pscychologist, 41 (4), 239-245. Diperoleh 9 November 2020, dari http://dx.doi.org/10.1207/s15326985ep41044.

Darmawan, Y. (2016). Analisis Perilaku Belajar Mahasiswa Diploma III Akuntansi dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Akademik. Prosiding Seminar Nasional dan The 3rd Call for Syariah Paper Accounting FEB UMS Menakar Peran Profesi sebagai Engine of Reform dalam Pembangunan Global Berkelanjutan, hlm 623-633. Yogyakarta: Akademi Akuntansi YKPN.

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar (Edisi ke-2). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Goleman, D. (2003). Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi: Working with Emotional Intelligence. Terj. Alex Tri Kantjono Widodo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hermawan, R., & Rochmawati. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, dan Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7 (1), 109-113. Diperoleh 20 November 2020, dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/29650/2716.

Indra, S., & Rusmita, S. (2018). Analisis Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Mahasiswa Jurusan Akuntansi FEB UNTAN). Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 7 (1), 72-85. Diperoleh 14 Oktober 2020, dari http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JJ/article/download/24446/pdf.

Joseph, S., Murphy, D., & Holford, J. (2020). Positive Education: A New Look at Freedom to Learn. Oxford Review of

Education. Diperoleh 17 Oktober 2020, dari https://doi.org/10.1080/03054985.2020.1726310.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Pusat Penilaian Pendidikan: Laporan Hasil Ujian Nasional. Diperoleh 13 November 2020, dari https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smk!capaian_wilayah!03&02&999!T&T&T&T&1&!1!&.

Laili, N. F., & Listiadi, A. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi, Matematika Ekonomi dan Minat Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 8 (01), 533- 539. Diperoleh 20 November 2020, dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/31678/28741.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34 Tahun 2018 Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan. 14 Desember 2018. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 1689. Jakarta.

Pitoyo, A., & Sitawati, R. (2017). Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan dan Kecerdasan Emosional (Eq) Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Dengan Minat Belajar sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Mahasiswa AMIK JTC Semarang Angkatan 2012-2014). INFOKAM, 13 (1), 51-60. Diperoleh 20 November 2020, dari http://amikjtc.com/jurnal/index.php/jurnal/article/view/120/108.

Rusmiani, N. K. A & Widanaputra, A. A. G. P. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Perilaku Belajar pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20 (2), 959-985. Diperoleh 13 Oktober 2020, dari https://doi.org/10.24843/EJA.2017.v20.i02.p04.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sucipto, A., & Listiadi, A. (2019). Kepercayaan Diri Memoderasi Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Akuntansi, dan Hasil Belajar Akuntansi Dasar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Siswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7 (3), 512-519. Diperoleh 13 Oktober 2020, dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/31279/28391.

Suwardjono. (2009). Gagasan Pengembangan Profesi dan Pendidikan Akuntansi di Indonesia: Kumpulan Artikel (Edisi Elektronik). Yogyakarta: BPFE. Diperoleh 14 Desember 2020, dari http://suwardjono.staff.ugm.ac.id/buku/gp3ai.

Syah, M. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Usman, O., & Hermisya, N.I. (2019). The Effect Of Emotional Intelligence, Learning Behavior, Learning and Interest, Self Efficacy on The Level Of Understanding Accounting. Social Science Research Network. Diperoleh 13 Oktober 2020, dari https://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3511091.

Widhianningrum, P. (2017). The Influence of Intellectual Intelligence, Emotional Intelligence and Spiritual Intelligence on Understanding Magnitude of Behavioral Accounting. Journal of Accounting and Business Education, 1 (2), 191-207. Diperoleh 10 Oktober 2020, dari http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v1i2.8488.

Zulhawati., & Arini, M. (2017). Effect of Learning Behavior, Emotional Intelligence and Thinking Ability towards Accounting Understanding Level. International Journal of Bio-Science and Bio-Technology, 8 (5), 289-300. Diperoleh 13 Oktober 2020, dari http://dx.doi.org/10.14257/ijbsbt.2016.8.5.26.




DOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v2i1.60515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






JPPAK
Print ISSN: 
Online ISSN: 2807-6575
Website: 
Email: 
Published by: Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami Street, No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126