PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN MICROSOFT TEAMS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI

Anik Setyaningsih, siswandari siswandari, nurhasan hamidi

Abstract


Abstract

This reseacrh aims to (1 ) improve learning motivation with the implementation of the Flipped Classroom learning model assisted by Microsoft in the subject of Financial Accounting for class XI AKL 1 students of SMK in Sukoharjo and (2) improve learning outcomes with the implementation of the Flipped Classroom learning model assisted by Microsoft in the subject of Financial Accounting for class XI AKL 1 students of SMK in Sukoharjo. This research was a classroom action action conducted in two cycles. The research subjects were students of class XI AKL 1 which consisted of 36 students. Data collection used questionnaires and learning outcomes tests. The questionnaire validity testing used construct validity and the learning outcomes testing used content validity. The data analysis technique used comparative descriptive statistics and critical analysis techniques. The results of this research conclude that (1) the implementation of the Flipped Classroom learning model assisted by Microsoft Teams can improve the learning motivation in the subject of Financial Accounting for class XI AKL 1 students of SMK in Sukoharjo and (2) the implementation of the Flipped Classroom learning model assisted by Microsoft Teams can improve the learning outcomes in the subject of Financial Accounting for class XI AKL 1 students of SMK in Sukoharjo. The average percentage of learning motivation increased by 7.88 and learning outcomes increased by 9.03 in cycle II. This increase was statistically significant at α = 0.05 with t = 3.523 and sig. = 0.001 for motivation and t = 3.447 with sig. = 0.001 for learning outcomes.

Keywords: Flipped Classroom, Microsoft Teams, Learning Motivation, Learning Outcomes

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar dengan penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Microsoft Teams pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan siswa kelas XI AKL 1 SMK di Sukoharjo dan (2) meningkatkan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Microsoft Teams pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan siswa kelas XI AKL 1 SMK di Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AKL 1 yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan tes hasil belajar. Uji validitas angket menggunakan validitas konstruk dan tes hasil belajar menggunakan validitas isi. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Microsoft Teams dapat meningkatkan motivasi belajar Akuntansi Keuangan siswa kelas XI AKL 1 SMK di  Sukoharjo dan (2) penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Microsoft Teams dapat meningkatkan hasil belajar Akuntansi Keuangan siswa kelas XI AKL 1 SMK di Sukoharjo. Rata-rata persentase motivasi belajar meningkat 7,88 dan hasil belajar meningkat 9,03 pada siklus II. Peningkatan ini signifikan secara statistik pada α = 0.05 dengan t= 3,523 sig.= 0,001 untuk motivasi dan t= 3,447 dengan sig.= 0,001 untuk hasil belajar.

Kata Kunci: Flipped Classroom, Microsoft Teams, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

 


Full Text:

PDF
rticle

References


DAFTAR PUSTAKA

Bishop, J.L. & Verleger, M.A. (2013). The flipped classroom: A survey of the research. In ASEE National Conference Proceedings.Atlanta, GA, 30 (9), 1-18.

Fajria, F., Rahmatan , H., & Halim, A. (2017). Dampak Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 86-93. Diperoleh 1 Desember 2020, dari https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.982.

Farida, R., Alba.A., & Zainuddin. (2019). Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan

Sistem Politik Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 109-121.

Hariyanto, A.B., & Jannah, U.R. (2020). Revolusi Guru dalam Pembelajaran Abad 21. Sigma, 5(2), 77-84.

Huang, B. & Hew, K.F. (2018). Implementing a Theory-Driven Gamafication Model in Higher Education Flipped Courses: Effects on Out-of-Class Activity Completion and Quality of Artifacts. Computers & Education, 125, 254-272. Diperoleh 1 Desember 2020, dari https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.06.018.

Hung, C.Y., Sun, J.C.Y., & Liu, J.Y. (2019). Effects of Flipped Classrooms Integrated with MOOCs and Game-Based Learning on The Learning Motivation and Outcomes of Students from Different Backgrounds. Interactive Learning Environments, 27(8), 1028-1046. Diperoleh 20 Oktober 2020, dari https://doi.org/10.1080/10494820.2018.1481103.

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Jeong, K. O. (2017). The Use Of Moodle To Enrich Flipped Learning For English As A Foreign Language Education. Journal of Theoretical & Applied Information Technology, 95(18).

Kala, E.S.J.C.Y. (2020). Analisis Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Google Classroom dan Microsoft Teams untuk Pendidikan Musik. Doctoral Dissertation, Universitas Pelita Harapan. Diperoleh 1 Desember 2020, dari http://repository.uph.edu/id/eprint/9294.

Komives, C. (2018). Flipped Classroom Increases Achievement of Student Learning Outcomes. Journal of Engineering Education Transformations, 31(3), 120-123. Diperoleh 20 Desember 2020, dari http://dx.doi.org/10.16920/jeet%2F2018%2Fv31i3%2F120779.

Kusmaningsih, D. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Flipped Classroom Berbasis Youtube pada Materi Biosfer di Kelas XI IIS SMAN 1 Parongpong. Simpul Juara, 1(1), 46-50. Diperoleh 20 Oktober 2020, dari https://doi.org/10.35880/simpuljuara.v1i1.21.

Lo, C. K., & Hew, K. F. (2020). A Comparison Of Flipped Learning With Gamification, Traditional Learning, And Online Independent Study: The Effects On Students’ Mathematics Achievement And Cognitive Engagement. Interactive Learning Environments, 28(4), 464-481. Diperoleh 20 Desember 2020, dari https://doi.org/10.1080/10494820.2018.1541910.

Marlianti, F. & Sulistyaningsih, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Berbantuan Microsoft Teams dan Geogebra Matematika Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 9 Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. EDUSAINTEK, 4.

Microsoft. (2020). Selamat datang di Microsoft Teams. Microsoft Teams [Online]. https://support.microsoft.com/id-id/office/selamat-datang-di-microsoft-teams-b98d533f-118e-4bae-bf44-3df2470c2b12

Mu’ti, Y.A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online dengan Microsoft Teams pada Pembelajaran Matematika Materi Program Linear. Edukasia, 1 (2), 2020, 347-358. Diperoleh 22 Desember 2020, dari http://jurnaledukasia.org.

Nurmala, D.A., Tripalupi, L.E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4 (1). Diperoleh 1 Desember 2020, dari http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.3046.

Nurpianti, S., Suwarma, I.R., & Jauhari, A. (2018). Kajian Implementasi Pendekatan Flipped Classroom pada Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SINAFI), hlm. 115-119. Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia. Diperoleh 20 Oktober 2020, dari http://proceedings.upi.edu/index.php/sinafi/article/view/383.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan

Nasional.

Purnomo, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping dengan Aplikasi Microsoft Teams pada Pembelajaran Sosiologi Materi Masalah Sosial Kelas XI IPS Semester Gasal di SMA N 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Habitus: Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, 4 (1), 1-14. Diperoleh 1 Desember 2020, dari https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45713.

Putri, A. & Pelipa, E.D. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 1(1). Diperoleh 1 April 2021, dari http://jurnal.stkippersada.ac.id.

Rojabi, A.R. (2020). Exploring EFL Students’ Perception of Online Learning via Microsoft Teams: University Level in Indonesia. English Language Teaching Educational Journal, 3 (2), 163-173. Diperoleh 22 Desember 2020, dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1268365.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Leraning itu Perlu. Bogor : Ghalia Indonesia.

Situmorang, A.S. (2020). Microsoft Teams for Education sebagai Media Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Minat Belajar. SERPEN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02 (01), 30-35. Diperoleh 1 Desember 2020, dari https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.351.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supriatna, U. (2021). Kompetensi Guru Memanfaatkan Teknologi Informasi Komunikasi dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Online. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5 (1), 214-221. Diperoleh 20 Mei 2021, dari https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.937.

Uno, H.B. (2016) Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v2i1.60514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






JPPAK
Print ISSN: 
Online ISSN: 2807-6575
Website: 
Email: 
Published by: Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami Street, No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126