PENGARUH GAYA MENGAJAR DOSEN, PERILAKU BELAJAR DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI
Abstract
Abstract
The research objective was to determine the effect of lecturer teaching style, student learning behavior and the quality of financial statements on the level of accounting comprehension (studies in undergraduate students of all private universities in surakarta), both partially and simultaneously. The population in this study were all students majoring in undergraduate accounting at 9 private universities in Surakarta from semester 4 to above. The total population is 2,804. The sample used in this study were 350 respondents. Samples were selected using purposive sampling method. The method used in this research is multiple linear regression. The results of this study are: 1) The teaching style of the lecturer has no effect on the level of accounting understanding, 2) The learning behavior of students has no effect on the level of accounting understanding, and 3) the quality of financial reports has an effect on the level of accounting understanding.
Keywords: The Level of Accounting Understanding, Lecturer Teaching Style, Learning Behavior, Quality of Financial Statements.
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar dosen, perilaku belajar mahasiswa dan kualitas laporan keuangan terhadap tingkat pemahaman akuntansi (studi pada mahasiswa jurusan s1 akuntansi seluruh perguruan tinggi swasta di surakarta), baik secara persial maupun simultan. Populasi di dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan S1 akuntansi yang terdapat pada 9 perguruan tinggi swasta di Surakarta dari semester 4 sampai dengan atas. Jumlah populasi sebanyak 2.804. Sampel yang digunakan didalam penelitian ini adalah 350 responden. Sample dipilih menggunakan metode purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Gaya mengajar dosen tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, 2) Perilaku belajar mahasiswa tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dan 3) kualitas laporan keuangan berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Kata Kunci: Tingkat Pemahaman Akuntansi, Gaya Mengajar Dosen, Perilaku Belajar, Kualitas Laporan Keuangan
Full Text:
PDFReferences
Faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Internasional Finansial Reporting Standard (IFRS) pada Mahasiswa Akuntansi UIN Alauddin Makassar. ASET, Vol. 5, No. 2.
Agustin, Ida Ayu. C dan Sujana, I Ketut. 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.25. No.2
Ali, Irshad and Narayan, Anil K. 2019. Self-efficacy and self-regulatory factors as impediments to Pasifika students’ success in accounting education. Pacific Accouning Review
Artana, Made. B., Herawati, Nyoman. T., dan Atmadja, Ananta. W. 2014. Pengaruh Kecerdasan Intelektual (Iq), Kecerdasan Emosional (Eq), Kecerdasan Spiritual (Sq), Dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Dan Mahasiswa S1 Universitas Udayana Denpasar). e-journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi S1. Vol: 2 No. 1
Bonaci, Carmen. G., Mustata, Razvan. V., Mutiu, Alexandra and Scrouhal, Jiri. 2013. Assessing accounting students’ academic performance: A case study on Romania. Accounting in Central and Eastern Europe
Budiadi, Dwi dan Sulistyawati, Jenny. 2013. Pengaruh Kompetensi Dosen, Self Efficacy, Locus Of Control, Fasilitas Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi. Cahaya Aktiva Vol. 03 No. 01
Chamizo, Julian., Cano, Elisa I., Urquia, Elena., Muñoz, Clara I. 2015. Educational data mining for improving learning outcomes in teaching accounting within higher education. The International Journal of Information and Learning Technology. Vol. 32 No. 5
Dewi, Ni Nyoman. S. R. T., dan Yogantara, Komang. K. 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosional Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Perilaku Belajar Sebagai Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi Vol. 24, No. 1
Elysia, Novita. 2016. Pemahaman Konsep Akuntansi Perusahaan Dagang Ditinjau Dari Persepsi Mahasiswa Tentang Cara Mengajar Dosen Dan Perilaku Belajar Mahasiswa Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi Tidak Dipublikasi
Estiningsih, Wening. 2014. Pengaruh Kurikulum Pendidikan, Motivasi Mahasiswa Dan Kompetensi Dosen Terhadap Pemahaman Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 1 No. 3
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 21 Edisi 7. Semarang: Universitas Diponegoro.
Gusc, Joanna., van Veen, Paula. 2017. Accounting for sustainability: an active learning assignment. International Journal of Sustainability in Higher Education. Vol. 18 No.3
Hamidi, Nurhasan. 2019. Pengaruh Metode Peer Teaching untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Akuntansi. Jurnal “Tata Arta” UNS, Vol. 5. No. 3
Harimurti, Fadjar., dan Rispantyo. 2014. Internal Locus Of Control Sebagai Moderasi Pada Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Di Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta). Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi Vol. 10, No. 1
Hidayat, Ryan dan Hati, Ravika. P. 2017. Pengaruh Kualitas Dosen Dan Metode Mengajar Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Riau Kepulauan Batam). Jurnal Equibiria. Vol 4 No. 1 https:forlap.ristekdikti.go.id
Irwanto, Popi. D. 2015. Pengaruh Gaya Mengajar Dosen, Asistensi Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Aplikasi Akuntansi Pemeriksaan. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi Vol. 11 No 2
Laksmi, Rizky. A., dan Sujana, I Ketut. 2017. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.21.2
Lubis, Wirdha. A. F. 2017. Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, dan Gaya Mengajar Dosen Terhadap Tingkat Pemahaman Mata Kuliah Pengantar Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi USU. Skripsi Tidak Dipublikasi
Maryam, Siti. 2020. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Perilaku Belajar, Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Stie Sutaatmadja Subang). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi) Vol. 01 No. 02
Maryati, Sri. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Ibi Darmajaya Lampung). GEMA, Vol. 09, No. 01
Nafiati, Dewi. A. 2015. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Prestasi belajar mata kuliah pengantar akuntansi (Studi empiris pada mahasiswa akuntansi di jawa tengah). Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, Vol. 1, No. 1
Parauba, Inriawati. 2014. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. E-jurnal UNSRAT. Vol. 9, No. 2
Pramayanti, Atika. D., dan Listiadi, Agung. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Matematika Ekonomi, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Vol. 3, No. 2
Prasetyaningsih, Erna. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester Akhir Angkatan 2014 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi Tidak Dipublikasi
Primasari, Dona. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Tingkat Idealisme, Perilaku Belajar Dan Locus Of Control Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Strata Satu (S-1) Akuntansi Pada Perguruan Tinggi Di Kabupaten Banyumas. Jurnal MAKSIPRENEUR, Vol. 6, No. 1
Sari, Immu. P., dan Sartika, Reni. 2018. Pengaruh Perilaku Belajar, Gaya Mengajar Dosen, Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Menara Ekonomi, Vol. 4, No. 2
Sari, Yora. K. 2013. Pengaruh Pengendalian Diri Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Pengantar Akuntansi. Jurnal Akuntansi, Vol. 1, No. 1
Satria, Muhammad. R., dan Fatmawati, Ade. P. 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Kota Bandung. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah Vol. 1 No. 1
Silfiyani, Nurul and Hariyati, Nunuk. 2018. Pengaruh Gaya Mengajar Dosen Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri SurabayaI. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 01, No. 01
Siregar, Christina. N., Arifulsyah, Hamdani dan Yefni. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Mahasiswa Tentang Akuntansi Keuangan MenengaH (Studi Empiris Pada Mahasiswa D III Akuntansi Politeknik Caltex Riau). Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis Vol. 12, No. 2
Sugahara, Sugao, Dellaportas and Masaoka. 2018. The effect of body-movement teaching, learning motivation and performance. Meditari Accountancy Research, Vol. 24, No. 3
Sugiartini, Putu. E., Herawati, Nyoman. T., dan Sulindawati, Luh. G. E. 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha). e-journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1. Vol. 7 No. 1
Sugiyono. 2017. Methode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Susanti, Susi., Rispantyo., dan Kristanto, Djoko. 2017. Pengaruh Minat Belajar, Perilaku Belajar, Kecerdasan Intelektual Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi Vol. 13, No. 1 Edisi Khusus
Riswandi, Pedi. 2014. Pengaruh Pengendalian Diri Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Pengantar Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Prof. Hazairin Sh Kota Bengkulu). Ekobis Review, Vol. 1, No. 1
Wahjono. 2013. Pengaruh Profesionalisme, Metode Mengajar, Disiplin Dan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi Dengan Moderasi Motivasi. INFOKAM, Vol. 9, No. 2
Yorika, Yolla. 2013. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Online Mahasiswa Akuntansi. Vol. 1, No. 1
DOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v1i1.54742
Refbacks
- There are currently no refbacks.
|