PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP TINDAK KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI MELALUI KECEMASAN AKADEMIK

Dewi Setiana Giana Sari, siswandari siswandari, Asri Diah Susanti

Abstract


Abstract

          The objectives of this research are to investigate (1) direct effect of self-efficacy academic anxiety; (2) direct effect of academic anxiety on academic dishonesty; (3) direct effect self-efficacy on academic dishonesty; and (4) indirect effect self-efficacy on academic dishonesty through academic anxiety. This research used the quantitative research approach with ex-post facto method. Its population was all of the Accounting Education students of X University of the classes of 2016, 2017, 2018, and 2019 as many as 300. Its Proportionate stratified random sampling was used to determine its samples. They consisted of 100 students. The data of the research were collected through questionnaire. They were analyzed by using the path analysis in which the proposed hypotheses of the research were tested with the path coefficient regression test and the Sobel test. The results of the research show are as follows: Firstly, the self-efficacy had a direct negative and significant effect on the academic dishonesty. Secondly, the academic anxiety had a direct positive and significant effect on the academic dishonesty. Thirdly, the self-efficacy had a direct negative and significant effect on the academic dishonesty. Finally, The self-efficacy had an indirect negative and significant effect on the academic dishonesty through academic anxiety .   

Keywords: Self-efficacy, academic anxiety, academic dishonesty.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh efikasi diri secara langsung terhadap kecemasan akademik; (2) pengaruh kecemasan akademik secara langsung terhadap tindak kecurangan akademik; (3) pengaruh efikasi diri secara langsung terhadap tindak kecurangan akademik (4) pengaruh efikasi diri secara tidak langsung terhadap tindak kecurangan akademik melalui kecemasan akademik. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas X angkatan tahun 2016, 2017, 2018, dan 2019 yaitu sebanyak 300 mahasiswa. Sample yang terpilih dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling yaitu sebanyak 100 mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian  kuantitatif dengan metode ex post facto. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) dengan pengujian hipotesis yaitu uji regresi dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh negatif dan signifikan efikasi diri secara langsung terhadap kecemasan akademik. Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan kecemasan akademik secara langsung terhadap tindak kecurangan akademik mahasiswa. Ketiga, terdapat pengaruh negatif dan signifikan efikasi diri secara langsung terhadap tindak kecurangan akademik mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Keempat, terdapat pengaruh negatif dan signifikan efikasi diri secara tidak langsung terhadap tindak kecurangan akademik mahasiswa Pendidikan Akuntansi melalui kecemasan akademik.

Kata Kunci : Efikasi diri, kecemasan akademik, kecurangan akademik.

 


Full Text:

PDF
rticle

References


Adriyana, Rika.(2019).Pengaruh Orientasi Etika,

Rasionalisasi, dan Self Efficacy Terhadap Kecurangan Akademik.Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 22(1),7-12.

Arumsari, A.L., & Jati Ariati.(2018).

Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua dan Efikasi Diri Akademik dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas XII SMA N 3 Magelang. Jurnal Empati, 7(1),175-187.

Artani &Wetra.(2017).Pengaruh Academic

Self Efficacy dan Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi di Bali.Jurnal Riset Akuntansi, 7(2),125.

Astuti,dkk.,(2018).Pengaruh Kecemasan

Akademis dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menyontek Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Balikpapan Tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Education Universitas Balik Papan,1(1), 29-34.

Ati, E.S.,.(2015). Peran Impostor Syndrome

dalam Menjelaskan Kecemasan Akademis Pada Mahasiswa Baru. Jurnal Mediapsi, 1(1), 1-9.

Bong, Mimi.(2008).Effects of Parent-Child

Relationship and Classroom Goal Structures on Motivation, Help Seeking Avoidance, and Cheating. Journal of Experimental Education, 76(2),191-217.

Bong,M,. et.al,.(2014). Perfectionism and

Motivation of Adolescents in Academic Contexts.Journal Of Educational Psychology, 106(3), 711-729.

Bulgan,Gokce.(2018).Children’s Perception

of tests: A contents Analysis. Journal of Educational Research,7(2),159-167.

Bulkhani, Desy. (2015). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Kecemasan Dalam Menghadapi SBMPTN.Naskah Publikasi Skripsi Penelitian Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Dharmawan,U. S., & Agoes Dariyo.(2017)

Hubungan Moral Integrity dan Kecemasan Sosial dengan Academic Dishonesty Remaja Akhir.Jurnal Pesikologi Pendidikan, 10(2), 80-97

Fa’izatul, Maziyah (2015).Hubungan Dukungan

Sosial dengan Tingkat Kecemasan Dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa (STIKES) NU Tuban.Naskah Publikasi Thesess Penelitian Universitas Islam Negeri Malang, Malang.

Firdana.(2017).Relationship Between Self-

Self Efficacy With Lerning Behavior and Cheathing Students’s.Jurnal Universitas Riau,4(2), 6-7.

Firmantyo & Alsa.(2016).Integritas Akademik

dan Kecemasan Akademik Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa.Jurnal Pesikologi,1(1), 4-5.

Goble, Frank.1987.Mazhab Ketiga Psikologi

Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta: Kanisius.

Hartoni, Muhammad Try. (2016).Kecemasan

Bimbingan Skripsi dan Problem Solving Pada Mahasiswa yang Sedang Menempuh Skripsi.Naskah Publikasi Skripsi Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.

Hartono,D.R.,.(2012).Pengaruh Self-Efficacy

Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.Naskah Publikasi Skripsi Penelitian Universitas Sebelas Maret,Surakarta.

Hidayat & Rozali. (2015). Hubungan Antara

Self-Efficacy dengan Perilaku Menyontek Saat Ujian Pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul.Jurnal Pesikologi,13(1), 2-3.

Huerta,M., et al.(2017).Graduate Students as

Academic Writers:Writing Anxiety, Self-Efficacy and Emotional Intelligence. Journal Psychology, 36(4), 716-729.

Jannah, Nur Muhibatul.(2019).Hubungan

Antara Kecemasan Akademik dan Prokrastinasi Akademik dengan Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa. Naskah Publikasi Skripsi Penelitian Universitas Ahmad Dahlan,Yogyakarta.

Khamdani, M. K. & Endah Puspita Sari,(2018).

Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik dan Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa. Naskah Publikasi Skripsi Penelitian Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Permana, H.,(2014).Hubungan Antara

Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas IX Di MTS Al Hikmah Brebes. Naskah Publikasi Skripsi Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Purnamasari.(2013). Faktor-faktor yang

Mempengaruhi Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa. Educational Psychology Journal, 2(1), 2-4.

Purwanto, Agus. (2015). Pengaruh Efikasi Diri

Terhadap Perilaku Menyontek Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus II Kecamatan PAKEM Kabupaten Sleman. Naskah Publikasi Skripsi Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta,Yogyakarta.

Putro, F. W., & Juliani, P.,.(2016). Hubungan

Antara Kecemasan Akademik Plagiarisme Pada Mahasiswa. Naskah Publikasi Skripsi Penelitian Universitas Muhammadiyah Surakarta,Surakarta.

Putwain, et al. (2010).Do Cognitive Distortions

Mediate The Test Anxienty Exami- nation Performance Relationship. Journal Educational Psychology, 30(1) ,11-26.

Rahmi, S., dkk.(2017).The Relation Between

Self-efficacy Toward Math With The Math Communication Competence. Journal of Mathematics Education, 6(2), 177-182.

Rangkuti, A. A. (2015, 30 Mei).Kecurangan

Akademik Pada Mahasiswa Kependidikan, Kompasiana.com.

Ringeisen,T.,et al.,.(2019).Stress Experience

And Performance During an Oral Exam: The Role of Self-Efficacy, Threat Appraisals, Anxienty, and Cortisol. Journal Psychology,32 (1), 50-66.

Rindiyani,Anisa.(2019).Pengaruh Self-Efficacy

Efficacy Terhadap Perilaku Menyontek Siswa Kelas X Akuntansi SMK Mandiri Pontianak. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa,8(3),e-ISSN 2715-2723.

Roig, M. (2006).Avoiding Plagiarism Self

Plagiarism and Other Questionable Writing Practices: A Guide to The Writing.The Jurnal of The European Medical Writers Association, 15(4),120-121.

Rustika, I. M.,. (2012). Efikasi Diri:Tinjauan

Teori Albert Bandura.Jurnal Psikologi UGM, 20,(1-2).

Setiawan, D. F. (2016). Analisis Kecurangan

Akademik Melalui Rubrik Penskoran pada Kajian Masalah Ekonomi. PROMOSI.Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2).

Sukmadinata, M. S.(2003).Landasan

Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Susanti, A. (2017, 11 Januari).Pendidikan

Belum Berhasil Ciptakan Moral Baik, Okezone.com.

Susanto, A. H., . (2018). Hubungan Kepribadian Ihsan dan Tekanan Akademik Dengan Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Di Universitas X Di Surabaya. Naskah Publikasi Skripsi Penelitian UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v1i1.54737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






JPPAK
Print ISSN: 
Online ISSN: 2807-6575
Website: 
Email: 
Published by: Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami Street, No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126