FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA

Asmaul Khusna, Khresna Bayu Sangka, Binti Muchsini

Abstract


Abstract

           This study aims to identify the factors that affect the entrepreneurial interest in the students of the Accounting Education Study Program Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University.The type of this research was a quantitative descriptive study. The population of this study was 356 students of the accounting education study program FKIP UNS. The sample of this study was the students of Accounting Education Study Program FKIP UNS batch 2015, 2016, 2017, 2018 and 2019, totaling 188 students using the Proportionate Stratified Random Sampling method. Data collection was carried out using a Likert scale questionnaire. Those data were analyzed with Exploratory Factor Analysis (EFA).The results showed that the factors that affect the entrepreneurial interest in the accounting students of FKIP UNS were family environment, self efficacy, self principle, use of social media, social environment, freedom of work, visionary, leadership, income expectations, and entrepreneurship education. These factors have proven to be factors that affect the entrepreneurial interest in the students of Accounting Education Study Program FKIP UNS so that they can be used as information that needs to be considered in lecturing activities and in preparing entrepreneurial activities and programs, so as to increase entrepreneurial interest in the students.

Keywords: factors, entrepreneurial interest, accounting education students.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi minat berwirausaha pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UNS yang berjumlah 356 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS angkatan 2015, 2016, 2017, 2018 dan 2019 yang berjumlah 188 mahasiswa dengan menggunakan metode Proportionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket skala Likert. Adapun analisis data dengan menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan akuntansi FKIP UNS adalah lingkungan keluarga, efikasi diri, prinsip diri, penggunaan media sosial, lingkungan sosial, kebebasan bekerja, visioner, kepemimpinan, ekspektasi pendapatan, dan pendidikan kewirausahaan. Faktor-faktor tersebut telah terbukti sebagai faktor-faktor yang memengaruhi minat berwirausaha pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS sehingga dapat dijadikan sebagai informasi yang perlu diperhatikan dalam kegiatan perkuliahan maupun dalam menyusun kegiatan dan program kewirausahaan, sehingga dapat meningkatkan minat berwirausaha pada mahasiswa.

Keywords: faktor-faktor, minat berwirausaha, mahasiswa pendidikan akuntansi

 


Full Text:

PDF
rticle

References


Adnyana, I.G.L.A. & Purnami, N.M. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self-Efficacy dan Locus of Control pada Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(2).

Adyatma, P., & Yulianna, E. (2017). Factors Analysis that Influence the Interest of Entrepreneurial Students (Research on International Students Telkom University 2011-2015). e-Proceeding of Management, 4 (1) 82-86.

Afriani. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Guru dalam Mengajar, Jiwa Kewirausahaan, dan Penggunaan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol 13.

Alma, B. (2010). Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfa Beta.

Ariamtisna, L. (2008). Studi kewirausahaan pada mahasiswa Universitas Brawijaya. Jurnal Eksekutif. 5:281-292.

Ariyanti, F. (2018). Jumlah Wirausaha RI Siap Kejar Malaysia. Diperoleh 22 Juli 2019, dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/3216536/jumlah-wirausaha-ri-siap-kejar-malaysia.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2019). Statistik Indonesia 2019. Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik.

Bandura, A., (1977). Social Learning Theory, Englewood Cliffs. New Jersey: Prentice Hall.

Daryanto & Cahyono, ­­A.D. (2013). Kewirausahaan. Yogyakarta: Gava Media.

Dwi. (2019). UNS Cetak Pengusaha Lewat PMW. Diperoleh 30 September 2019, dari https://uns.ac.id/id/uns-update/uns-cetak-pengusaha-lewat-pmw.html

Indarti & Rostiani. (2008). Intensi Kewirausahaan Mahasiswa: Studi Perbandingan antara Indonesia, Jepang dan Norwegia. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Indonesia, Vol. 23 (4), 369-384.

Jamu, M.E. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 1 (3), 305-317.

Kadarsih, R., Susilaningsih, & Sumaryati, S. (2013). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Jupe UNS, 2013 (2), 95-106.

Kurniawan, Y.R., & Harti. (2013). Pengaruh Tingkat Penggunaan Sosial Media terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 1 (3), 1-17.

Oktaviana, R. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Wirausaha Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda Angkatan 2015. eJournal Administrasi Bisnis, 2018, 6 (4): 1704-1717.

Praswati, A.N. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Wirausaha di Kalangan Mahasiswa Studi Kasus: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Seminar Nasional dan Call for Paper (Sancall 2014) Research Methods And Organizational Studies. 1344-142.

Primandaru, N. (2017). Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh pada Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Economia, 13 (1), 68-78.

Putra, R.A. (2012). Faktor-faktor Penentu Minat Mahasiswa Manajemen untuk Berwirausaha (Studi Mahasiswa Manajamen FE Universitas Negeri Padang). Jurnal Manajemen, 1(1), 1-15.

Praag, C.,M. and Cramer, J.,S. (2001). The Roots of Entrepreneurship and Labor Demand: Individual Ability and Low Risk. Economica, 68 (269), 45-62.

Rusdiana (2014) Kewirausahaan: Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.

Schlein, L. (2019). Pengangguran Global Capai Level Terendah dalam Satu Dekade. Diperoleh 30 April 2019, dari https://www.voaindonesia.com/a/pengangguran-global-capai-level-terendah-dalam-satu-dekade/4785810.html .

Siswandari. (2015). Statistika Computer Based. Surakarta: UNS Press.

Siswandari, dkk. (2016). Improving the Quality of Higher Education Institution Through Well-Traced Accounting Education Graduates. Prosiding ICTTE, 212-220, FKIP UNS.

Suharti, L & Sirine, H. (2011). Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Niat Kewirausahaan (Studi terhadap Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13 (2), 124-134.

Supeni, R. E. & Efendi, M. (2017). Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Jember. Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Ekonomi dan Bisnis (SNAPER-EBIS 2017), 449-463.

Suryana. (2013). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta. Salemba Empat

Suryani, D. Khusaini, & Widiarti, A. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa UNIS Tangerang. JIPIS, 25 (2), 1-21.

Sutopo, E.Y., & Slamet, A. (2017). Statistika Inferensial. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wijaya. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Jember. Jurnal Ekonomi dan SDM MEI, 2017.




DOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v1i1.54735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






JPPAK
Print ISSN: 
Online ISSN: 2807-6575
Website: 
Email: 
Published by: Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami Street, No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126