UPAYA PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MOODLE LEARNING MANAGEMENT SYSTEM PADA SMK KRISTEN 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025
Abstract
Abstract
This research aimed to improve the academic achievement of students at SMK Kristen 1 Surakarta in the 2024/2025 academic year through the implementation of the Moodle Learning Management System as a learning medium in financial accounting subjects. This research was a classroom action research conducted collaboratively by the financial accounting subject teacher and the researcher. The data source of this research was the eleventh-grade students of the Accounting and Financial Institution expertise program at SMK Kristen 1 Surakarta in the 2024/2025 academic year. The data collection techniques which are used were observation, interviews, document analysis, and student learning outcome tests. The validity testing technique used was data triangulation. The analysis used included quantitative data analysis and descriptive data analysis. The results of this research showed that there was an improvement in the academic achievement of the XI AKL students of SMK Kristen 1 Surakarta through the used of Moodle LMS as a learning medium in the financial accounting subject. This was indicated by an increase in the percentage of classical learning completeness, from 33% in the pre-action stage, to 58% in the first cycle, and then increasing again to 75% in the second cycle, so the research target indicator of 70% was achieved.
Keywords: Financial Accounting, Learning Media, Moodle LMS, and Academic Achievement
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi akademik peserta didik SMK Kristen 1 Surakarta tahun ajaran 2024/2025 melalui penerapan media pembelajaran Moodle Learning Management System pada mata pelajaran akuntansi keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran akuntansi keuangan dan peneliti. Sumber data penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Kristen 1 Surakarta tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, analisis dokumen, dan tes hasil belajar peserta didik. Teknik uji validitas yang dilakukan adalah triangulasi data. Analisis yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data dekskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi akademik peserta didik XI AKL SMK Kristen 1 Surakarta sebagai akibat dari penggunaan media pembelajaran Moodle LMS pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan presentase ketuntasan klasikal peserta didik pada tahap pra tindakan sebesar 33%, kemudian siklus I meningkat menjadi 58%, dan pada siklus II mengalami peningkatan kembali sebesar 75%, sehingga indikator capaian penelitian yang telah ditentukan sebesar 70% telah tercapai.
Kata kunci: Akuntansi Keuangan, Media Pembelajaran, Moodle LMS, dan Prestasi Akademik.Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v6i1.106973
Refbacks
- There are currently no refbacks.

|