PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTU INSTAGRAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK

Asna Rafiska Hardini

Abstract


Abstract

This study aims to investigate the effect of project based learning models with the instagram-assisted on students' creative thinking abilities in accounting learning. This research is quantitative research with an experimental methode. The data sources for this research include students from X grade of the Accounting and Finance expertise program at SMK in Klaten of the 2023/2024 Academic Year with a total of 108 students. The sampling technique in this study used a cluster sampling technique and obtained a sample of 72 students. The sample used in the study are 36 students from X grade of the Accounting and Finance expertise program Institute 1 as the experimental group and 36 students from X grade of the Accounting and Finance expertise program Institute 3 as the control group. Data collection techniques using written test. The data analysis technique for this research used an independent sample t-test with prerequisite analysis test in the form of normality test and homogeneity test. The results of this study conclude there is the effect of project based learning models with the instagram-assisted on students' creative thinking abilities in accounting learning. This is indicated by a significant value of 0.000 < 0.05.

Keywords: Project Based Learning Model, Instagram, Creative Thinking.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran berbasis proyek berbantu instagram terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sumber data penelitian ini meliputi peserta didik kelas X program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK di Klaten Tahun Ajaran 2023/2024 dengan total 108 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 72 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 36 peserta didik kelas X program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga 1 sebagai kelompok ekperimen dan 36 peserta didik kelas X program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga 3 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek berbantu instagram terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran akuntansi dasar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Instagram, Berpikir Kreatif.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v5i2.102963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






JPPAK
Print ISSN: 
Online ISSN: 2807-6575
Website: 
Email: 
Published by: Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami Street, No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126