PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI YOUTUBE TERHADAP PEMAHAMAN MATERI AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNS
Abstract
Abstract
The primary objective of this study is to analyze the utilization of the YouTube application by
students in the accounting education program to comprehend the concepts of trading company
accounting. The study employs descriptive quantitative methods with a correlational approach. The
research population comprises students from the Accounting Education Study Program classes of
2021, 2022, and 2023, totaling 224 students. The research utilized purposive sampling techniques and
obtained a sample of 144 students. Data collection methods included questionnaires and tests, while
instrument testing involved validity and reliability tests. Data analysis methods included descriptive
statistical analysis, simple correlation, and simple regression analysis. Additionally, prerequisite tests
entailed normality and linearity tests. The findings indicate a significant negative relationship between
YouTube usage and the understanding of trading company accounting material among accounting
education students. Specifically, the calculated value was lower than the critical value (-1.475 <
0.197509), with a significance value of 0.000. Furthermore, the regression line function equation
model is represented as Y = 182.228 - 1.475X.
Keywords: Use of YouTube, Understanding Materials, Accounting
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan aplikasi YouTube oleh mahasiswa pendidikan
akuntansi untuk memahami materi akuntansi perusahaan dagang. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa
dengan Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2021, 2022, dan 2023 dengan jumlah 224
mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purpossive
sampling dan diperoleh sampel sebanyak 144 mahasiswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian
ini menggunakan angket dan tes. Teknik uji instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas
dan uji reabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, korelasi sederhana,
dan analisis regresi sederhana. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas
dan uji linearitas. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara
penggunaan YouTube dengan pemahaman materi akuntansi perusahaan dagang mahasiswa pendidikan
akuntansi UNS. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan thitung < ttabel (-1,475 < 0,197509), dengan
nilai signifikan sebesar 0,000 dan model persamaan fungsi garis regresi adalah Y = 182.228 - 1.475X.
Kata Kunci: Penggunaan YouTube, Pemahaman Materi, Akuntansi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v5i2.102857
Refbacks
- There are currently no refbacks.

|