PENGARUH PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA

Siti Suprihatin, Siswandari Siswandari, Sutarno Sutarno

Abstract

Latar Belakang: Rendahnya prestasi belajar siswa dapat disebabkan karena guru kurang tepat dalam memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk menyampaikan materi pelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan menerapkan pendekatan pembelajaran pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pendekatan pembelajaran CTL terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. (3) pengaruh pendekatan pembelajaran CTL terhadap prestasi belajar ekonomi ditinjau dari kemampuan awal siswa.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain faktorial 2x3, dan dengan rancangan penelitian pre-test post-test control-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tumijajar Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik penggumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama.

Hasil: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran CTL terhadap prestasi belajar siswa Fhitung > Ftabel atau 5,819>4,00 (2) Terdapat pengaruh tingkat kemampuan awal siswa tinggi, sedang, dan rendah terhadap prestasi belajar siswa Fhitung > Ftabel atau 22,903>3,15. 3) Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran CTL terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari kemampuan awal siswa Fhitung > Ftabel atau 5,786>3,15. Dengan demikian hasil penelitian dengan pendekatan pembelajaran CTL lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran CTL pada kemampuan awal awal siswa menunjukan adanya pengaruh.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.