Analisis kesalahan penggunaan ejaan bahasa indonesia pada karangan narasi peserta didik kelas iv sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
G. Santoso, A. T. Marsella, D. A. Permana, K. S. Syabilla, and N. A. D. Apriliani, “Implementasi Bhinneka Tunggal Ika dan Cita-Cita Luhur Bangsa Indonesia Versi Generasi Z,” Jupetra J. Pendidik. Transform., vol. 2, no. 2, pp. 246–255, 2023.
N. Yanti, Suhartono, and R. Kurniawan, “Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu,” J. Ilm. KORPUS, vol. 2, no. 1, pp. 72–82, 2018.
Sukirman, “Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah,” J. Konsepsi, vol. 9, no. 2, pp. 72–81, 2020, [Online]. Available: https://p3i.my.id/index.php/konsepsi72
K. T. Hatmo, Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Klaten: Lakeisha, 2021.
T. R. Arifa, Jumiati, and M. F. Arifin, “Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Tinggi Mi Tarbiyatul Islamiyah,” J. Inov. Pendidkan, vol. 3, no. 5, pp. 6383–6388, 2022.
D. C. Wibowo, P. Sutani, and E. Fitrianingrum, “Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi,” J. Stud. Guru dan Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 51–57, 2020, doi: 10.30605/jsgp.3.1.2020.245.
I. Pandini, “Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan Pada Karangan Narasi Siswa Kelas XI SMAN 5 Model Palu,” J. Bhs. dan Sastra, vol. 5, no. 4, 2020.
Mustakim et al., Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.
Erni, “Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan Bahasa Indonesia Dalam Teks Narasi Siswa Kelas V SD Inpres Sanging-Sanging Kabupaten Gowa.,” Universitas Muhammadiyah Makassar, 2021.
S. H. Marhamah, S. Iskandar, and I. Nurmahanani, “Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Pada Karangan Narasi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar,” Renjana Pendidik. 1 Pros. Semin. Nas. Pendidik. Dasar PGSD, vol. 2, no. 1, pp. 1338–1348, 2021, [Online]. Available: https://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/2112
I. Herawati, M. Kanzunnudin, and D. A. Wiranti, “Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Penulisan Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SD 04 Besito Kudus,” J. Prasasti Ilmu, vol. 2, no. 3, pp. 127–132, 2022, doi: 10.24176/jpi.v2i3.8643.
T. H. G and T. D, Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2011.
A. Cahyani, N. K. Dewi, and H. Setiawan, “Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pada Teks Narasi Siswa Kelas V SDN 13 Manggelewa Kabupaten Dompu,” Pendagogia J. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 41–49, 2021.
A. Purwo, “Analisis Kesalahan Ejaan dalam Karangan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN 2 Mojoarum Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Anak Sekol. Dasar, vol. 5, no. 1, pp. 1–7, 2019.
D. Masithoh, Slamet, and S. B. Kurniawan, “Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia Pada Karangan Deskripsi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar,” Didakt. Dwija Indria, vol. 11, no. 3, 2023.
Refbacks
- There are currently no refbacks.