Model pedagogi genre untuk mengembangkan keterampilan membaca pemahaman bahasa indonesia di sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] U. Sugara, S. T. Slamet, and T. Budiharto, 2021 “Hubungan antara Penguasaan Literasi Sastra dan Minat Belajar dengan Kemampuan Menulis Cerita Anak pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar,” Didakt. Dwija Indria, (449) 5–10
[2] D. P. Prastitiningtyas, S. Y. Slamet, and J. Daryanto, 2021 “Studi Komparasi Strategi Pembelajaran DRTA dan PQRST terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Ditinjau dari Minat Membaca,” JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm. Pendidik., 7(2) 75–80
[3] D. Patiung, 2016 “Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual,” Al Daulah J. Huk. Pidana dan Ketatanegaraan, 5(2) 352–376
[4] F. H. Lukluk, H. Hartono, and K. Karsono, 2020 “Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SDN Totosari Surakarta Tahun 2019/2020,” J. Pendidik. Dasar, 8(1)
[5] Dalman, 2013 Keterampilan Membaca, 1st Ed. Jakarta: Rajawali Pers
[6] F. E. Kyle and K. Cain, 2015 A Comparison of Deaf and Hearing Children’s Reading Comprehension Profiles, 35(2)
[7] Henry Guntur Tarigan, 2015 Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
[8] A. R. Putri and E. Purbaningrum, 2016 “Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Tunarungu Kelas 5 di SLB Diajukan Kepada Universitas Negeri Surabaya Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Tunarungu Kelas 5 di SLB,” Pendidik. Khusus, 8(2) 1–10
[9] W. Nadzifah, 2016 “Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode SQ3R Siswa Kelas IV SD N Katongan I,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, 5(28) 2721–2731
[10] D. Muijs and D. Reynolds, 2017 Effective Teaching: Evidence and Practice. Sage
[11] S. Kusmana and B. Nurzaman, 2021 “Bahan Ajar Cerita Rakyat Sebagai Perancah Pendidikan Karakter (Folklore Teaching Materials As a Character Education Scaffold),” Indones. Lang. Educ. Lit., 6(2) 351
[12] E. Zandvakili, E. Washington, E. Gordon, and C. Wells, 2018 “Mastery Learning in The Classroom: Concept Maps, Critical Thinking, Collaborative Assessment (M3CA) Using Multiple Choice Items (MCIS),” J. Educ. Learn., 7(6) 45
[13] F. Inggriyani and M. S. Aptiani, 2020 “Pengaruh Strategi KWL (Know, Want, Learned) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik di Sekolah Dasar,” J. Ilmu Pendidik. Dasar, 3 129–134
[14] F. Shafariani Fathonah, 2016 “Penerapan Model POE (Predict-Observe-Explain) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, 1(1) 171–178
[15] B. A. Habsy, 2017 “Seni Memehami Penelitian Kuliatatif dalam Bimbingan dan Konseling : Studi Literatur,” Jurkam J. Konseling Andi Matappa, 1(2) 90
[16] P. Aspers and U. Corte, 2019 “What is Qualitative in Qualitative Research,” Qual. Sociol., 42(2) 139–160
[17] N. Aini and F. Amrillah, 2023 “Implementasi Pendekatan Pedagogi Genre pada Buku Ajar Bahasa Arab,” Shaut Al- ‘ Arab., 11(1) 44–54
[18] Partinem, 2022 “Pendekatan Sintesis Pedagogi Genre, Saintifik dan Clil dengan Teknik UMKM2 untuk Mengoptimalkan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Kritik dan Esai Sastra Kelas XII SMA 1 Purworejo,” Tiwikrama Junral Ilm. Penndidikan, 1(1)
[19] A. Rini And M. Mulyani, 2022 Menyusun Teks Diskusi dengan Model Pembelajaran Pedagogik Genre dan Compile Answer Berbasis Kearifan Lokal. Karanganar: Penerbit Ylgi
[20] B. Arisandi, B. Irawan, M. F. M. Ginting, and A. Aziz, 2022 “Pelatihan Pengajaran dengan Pendekatan Genre Bagi Guru-Guru di Jampang English Village,” J. Abdimas Prakasa Dakara, 2(1) 24–33
[21] Permendikbud, 2013 “Kerangka Dasar Kurikulum 2013 Nomor 68 Tahun 2013,” 1–98
[22] S. Sukini, B. Indrayanto, And A. Rozak, 2023 “Penerapan Model Pedagogi Genre dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Mahasiswa PBSI,” Deiksis J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., 9(2) 62–79
[23] F. Christie, 2005 Language Education In The Primary Years. Sydney: Unsw Press
[24] S. Suwandi, 2022 “Pedagogi Genre dan Sibergogi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital Untuk Mewujudkan,” Semin. Nas. Pendidikan, Univ. Timor, 4 191–210
[25] M. Delviani, E., Nursaid, Hafrison, 2018 “Penerapan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh dalam Perbelajaran Teks Cerpen,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., 1 17–24
[26] R. Rosdiana and H. Mukhtar, 2016 “Penerapan Pedagogi Genre dalam Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge,” Konf. Linguist. Tah. Atma Jaya, 334–339
[27] E. Maryanti and Haryadi, 2022 “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Model Pedagogi Genre, Saintifik, dan Clil,” J. Elem. Sch., 5(2) 283–293
[28] D. Yulistio and A. Fhitri, 2019 “Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Pedagogi Genre, Saintifik, dan CLIL (Content and Language Integrated Learning) pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Kota Bengkulu,” J. Ilm. Korpus, 3(1) 9–20
Refbacks
- There are currently no refbacks.