Perbandingan model pembelajaran problem based learning dengan metode mnemonic dan model pembelajaran problem based learning dengan alat peraga terhadap kemampuan penalaran matematis siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainun, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Madrasah Aliyah Melalui Model Pembelajaran Koopertaif Tipe Teams Games Tournament. Jurnal Peluang. Vol. 4 No. 1, 56. [2] Ardika, Y., & Sardjana, A. (2016). Efektivitas Metode Mnemonic Ditinjau dari Daya Ingat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kelas X. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 67. [3] Djamarah, S. B., & Zain, A. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. [4] Hasyim, M., & Sudjono, M. E. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Melalui Eksperimentasi Metode Mind Mapping dan Metode Mnemonic Ditinjau dar Tingkat Kemampuan Memori Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 2. [5] Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama. [6] Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills Dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama. [7] Huda, M. (2017). Model-Model Pengajaran dan Paradigmatis: Isu-isu Metodis dan Paragdimatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. [8] Kadir. (2016). Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers. [9] Lestari dkk, F. (2014). Pengaruh Tehnik Mnemonik Terhadap Hasil Belajar Materi Spermatophyta Siswa Kelas X SMAN 3 Lubuklinggau. Jurnal Perspektif Pendidikan, 13 [10] Mikrayanti. (2016). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Suska Journal of Mathematics Education. Vol. 2, No. 2, 99. [11] Murdiyanto , T., & Mahatma, Y. (2014). Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sarwahita Volume 11 No. 1 , 39. [12] Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Alat peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 35. [13] Riadi, E. (2014). Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik. Tangerang: PT. Pustaka Mandiri. [14] Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Rajawali Pers. [15] Siregar, S. (2014). Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. [16] Solso, R., Maclin, O., & Kimberly Maclin, M. (2007). Psikologi Kognitif. Erlangga. [17] Sudirman, N. A., & Ridha, A. A. (2017 ). Efektifitas Keyword Mnemonic Dalam Mempelajari Kosakata . Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan Vol. 05, No.02 , 227. [18] Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. [19] Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5, No. 1, 2. [20] Suwardi, Firmiana, M. E., & Rohayati . (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini . Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, Vo. 2, No.4, 299. [21] Syah, M. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers. [22] Utami, N. P., Mukhni, & Jazwinarti. (2014). Kemampuan Penalarann Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Painan melalui Penerapan Pembelajaran Think Pair Square. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3 No. 1, 8. [23] Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group). [24] Zulaikah, S., Sujadi, I., & Kuswardi, Y. (2017). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Ditinjau Dari Minat Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi Vol. 1 No.1, 135.
Refbacks
- There are currently no refbacks.