Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Metode Pembelajaran Drill di Kelas II Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] A. Puspitasari, “Menumbuhkan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar Dalam Pendidikan dan Pengajaran,” Tamaddun J. bahasa, sastra dan budaya, 16(2), pp. 81–87, 2017.
[2] M. R. Sanjaya, “Bahasa Pengantar Dalam Pendidikan Serta Faktor Yang Mempengaruhinya Studi Komparatif: Siswa Di Kabupaten Oku,” J. Bind. Sastra, 1(1), p. 28, 2017, doi: 10.32502/jbs.v1i1.665.
[3] Z. A. Lutfiah, R. Rukayah, and S. Kamsiyati, “Analisis kesulitan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas IV sekolah dasar,” Didakt. Dwija Indria, 9(5), 2021, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/48736
[4] I. D. Lestari, H. Mulyono, and H. Hartono, “Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model scaffolded writing dengan gambar seri pada siswa kelas iii sekolah dasar,” Didakt. Dwija Indria, 9(2), 2021, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/35639
[5] R. Tanjung, Supandi, and A. M. Toyyib, “Penerapan Metode Scramble Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V Sd Negeri,” J. Tahsinia (Jurnal Kara Umum dan Ilmiah), 2(2), pp. 124–133, 2021.
[6] H. G. Tarigan, Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2013.
[7] K. D. Padmawati, N. W. Arini, and K. Yudiana, “Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,” J. Lesson Learn. Stud., 2(2), pp. 190–200, 2019, doi: 10.23887/jlls.v2i2.18626.
[8] P. Bulut, “The effect of primary school students’ writing attitudes and writing self-efficacy beliefs on their summary writing achievement,” Int. Electron. J. Elem. Educ., 10(2), pp. 281–285, 2017, doi: 10.26822/iejee.2017236123.
[9] A. Estiningtyas, S. T. Y. Slamet, and T. Budiharto, “Studi hubungan antara penguasaan diksi dan kemampuan berpikir logis dengan keterampilan menulis hasil wawancara peserta didik kelas IV SD,” Didakt. Dwija Indria, 9(6), 2021, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/52432
[10] Dalman, Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.
[11] S. A. Nafi’ah, Model-model Pemebelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2018.
[12] Suparno and M. Yunus, Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka, 2014.
[13] B. R. Hasanah, M. Murdiono, and T. Muryati, “Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung melalui Metode Guided Writing pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar,” Educ. J. Educ. Res., 5(1), pp. 118–127, 2023, doi: 10.20961/jkc.v9i1.53870.
[14] Departemen Pendidikan Nasional, Panduan Untuk Guru Membaca dan Menulis Permulaan Untuk Sekolah Dasar Kelas 1, 2, 3. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
[15] A. Rofi’uddin and D. Zuhdi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang, 2002.
[16] S. T. Y. Slamet, Teori dan Aplikasi: Pembelajaran Membaca dan Menulis di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press, 2013.
[17] M. Abdurrahman, Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
[18] N. Samsiyah, “Penerapan Teknik Kontrastif Dalam Menulis Tegak Bersambung Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Kabupaten Madiun,” Paramasastra, 5(1), 2018, doi: 10.26740/parama.v5i1.2730.
[19] K. Trimayasari, “Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Dan Media Alfabet ‘Senyawa,’” J. Penelit. dan Artik. Pendidik., 8(1), p. 10, 2018.
[20] Asih, Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia, 2016.
[21] N. Hamiyah and M. Jauhar, Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2014.
[22] I. C. Herliana, Kurniasih, and D. Heryanto, “Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, 4(3), pp. 155–166, 2019.
[23] J. R. Rahayu, “Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Kapital pada Siswa Sekolah Dasar Kelas II,” J. Educ., 7(3), pp. 1026–1033, 2021, doi: 10.31949/educatio.v7i3.1332.
[24] S. Kolipah, “Penerapan Metode Drill dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia yang Memuat Drama pada Siswa Kelas V Semester 2 SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung Tahun Pelajaran 2018 / 2019,” J. Pembelajaran Dan Ris. Pendidik., 2(1), pp. 44–53, 2022.
[25] R. K. Natalita, N. Situngkir, and S. Rabbani, “Meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas 1 SD,” J. Elem. Educ., 2(1), pp. 18–25, 2019, [Online]. Available: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/download/3084/804
[26] D. A. A. Fitri, “Meningkatkan Kemampuan Menulis Dengan Metode Drill Bagi Siswa Yang Terindikasi Berkesulitan Belajar,” J. Dimens. Pendidik. dan Pembelajaran, 6(2), pp. 60–63, 2018, doi: 10.24269/dpp.v6i2.1014.
Refbacks
- There are currently no refbacks.