Analisis Soal pada Buku Tematik Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Berdasarkan Tingkat Kognitif Anderson dan Krathwohl

Amri Muhammad Rida, idam Ragil Widianto Atmojo, Roy Ardiansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebaran soal yang terdapat dalam Buku Tematik Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Berdasarkan Tingkat Kognitif Anderson dan Krathwohl. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analisis isi dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah sebaran soal yang dikategorikan menurut tingkatannya berdasarkan Tingkat Kognitif Anderson dan Krathwohl. validasi instrumen menggunakan teknik FGD dan rumus Aiken. Sedangkan keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan dan triangulasi penyidik. Sumber diperoleh dari buku guru dan buku siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini diperoleh persentase sebesar 44,77% untuk C1, 40,12% untuk C2, 0% untuk C3, 8,72% untuk C4, 1,74% untuk C5, dan 4,65% untuk C6. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa soal-soal dalam buku tidak memenuhi kriteria sebaran soal yang baik berdasarkan pendapat Helmawati (2019) dan Sudjana (2016), dan hanya memberikan soal dengan kategori HOTS 15,11 %.

Keywords

Soal, Tingkat Kognitif, Buku Tematik Terpadu, Sekolah Dasar

References

Helmawati, Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS, I. bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019. [2] R. A. Lingga, “Kemendikbud Terapkan HOTS secara Nasional,” Harian Nasional, 12-Nov-2018. [Daring]. Tersedia pada: http://harnas.co/2018/11/12/kemendikbud-terapkan-hots-secara-nasional. [3] J. Indrastoeti dan S. Istiyati, Asesmen dan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar, no. August 2017. 2017. [4] D. Wiliam, “What is assessment for learning?,” Stud. Educ. Eval., vol. 37, no. 1, hal. 3–14, 2011. [5] M. B. Miles dan A. M. Huberman, Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (UI Press), 2014. [6] W. Harlen dan R. Deakin Crick, “A systematic review of the impact of summative assessment and tests on students ’ motivation for learning (EPPI-Centre Review, version 1.1*),” Res. Evid. Educ. Libr., no. 1, 2002. [7] Kemendikbud, “Asesmen formatif & sumatif.” [8] N. Yuliandini, G. Hamdu, dan R. Respati, “Pengembangan Soal Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Taksonomi Bloom Revisi,” PEDADIDAKTIKA J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 6, no. 1, hal. 37–46, 2019. [9] Kemendikbud, TEMA 6 MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA l BUKU GURU, vol. 53, no. 9. 2018. [10] R. Saputra dan N. Usman, “Analisis Butir Soal Pada Buku Tematik Terpadu Kelas V Tema 3 Makanan Sehat Kurikulum 2013 Berdasarkan Level Kemampuan …,” 2021. [11] I. B. Zaman, “Analisis Butir Soal Buku Siswa Kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Berdasarkan Taksonomi,” Universitas Negeri Malang, 2018. [12] U. Triana, “Tinjauan Terhadap Buku Teks Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Program Magister Ilmu Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Sekolah Dasar Di Kabupaten Lampung Selatan,” 2021. [13] D. Köksal dan G. Ulum, “Language assessment through Bloom’s Taxonomy,” J. Lang. Linguist. Stud., vol. 14, no. 2, hal. 76–88, 2018. [14] Y. Ariyana, A. Pudjiastuti, R. Bestary, dan Z. Zamromi, “Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi,” Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, hal. 1–87, 2018. [15] A. Surya, Sularmi, S. Istiyati, dan R. F. Prakoso, “Finding Hots-Based Mathematical Learning In Elementary School Students,” vol. 1, no. Snpd, hal. 30–37, 2018. [16] Ramlah, “Penerapan Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Pada Pelajaran IPS Di SDN Jango Tahun Pelajaran 2020 / 2021,” vol. 7, no. 1, hal. 136–146, 2022. [17] D. H. Schunk, Learning Theories An Educational Perspective, 6 ed. 2012. [18] S. Utaminingsih, F. Agustini, dan M. Aniq KHB, “Pengembangan Media Scrap Book Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 3 Pekerjaan Orang Tuaku,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 3, no. 2, hal. 64, 2019. [19] C. Z. Prisadena, “Analisis Dimensi Proses Kognitif Latihan Soal Pada Buku Siswa Kelas V Tema 2 Berdasarkan Taksonomi Bloom,” 2020. [20] L. W. Anderson dan D. R. Krathwohl, Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Pustaka Pelajar, 2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.