Mengoptimalkan pemahaman pendidik PAUD terhadap pembelajaran saintifik melalui kegiatan HIMPAUDI

Wahyuningsih Wahyuningsih

Abstract

Kurikulum  merupakan pusatnya    sebuah    pendidikan   karena   mengarah  pada  bentuk  dan   proses aktivitas   pendidikan     dalam    rangka    mencapai   tujuan. Kurikulum    akan membantu  anak  didik   mengembangkan berbagai potensi baik  psikis maupun fisik yang  meliputi  moral  dan nilai agama, social emosional, kognitif, bahasa, fisik/motorik  kemandirian  dan  seni  untuk siap memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Pendekatan  pembelajaran   saintifik  sangat diperlukan bagi anak usia dini. Karena  anak   sudah   belajar   menjadi  peneliti  sejak kecil. Himpaudi memegang  peranan   yang   penting   dalam  rangka menjembatani pendidik untuk    tercapainya  program   pembelajaran. Melalui   Himpaudi,   pendidik    dapat   menguasai    kurikulum    dua   ribu  tiga  belas    dengan  pendekatan pembelajaran saintifik. Himpaudi    sebagai      organisasi      pendidik    anak  usia dini sangat membantu  peningkatan  kualitas  pendidik. Hal  ini didasari dengan semakin banyaknya   pelatihan- pelatihan  kurikulum  yang dilakukan oleh Himpaudi. Dalam  melaksnakan  tugasnya  pendidik harus dibekali dengan kemampuan mengajar  yang  baik, sehingga  dapat  mengantarkan  anak  usia  dini dalam menghadapi 100 tahun Indonesia merdeka.

Keywords

kurikulum 2013, himpaudi, pembelajaran saintifik

Full Text:

PDF

References

Fadillah, M. 2014. Implementasi Kurtilas Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Dakir. 2010. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rieke Cipta.

E. Mulyasa, 2014. Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Rosdakarya.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks.

Haenilah, Een. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran Paud. Jogjakarta : Media Akademi

Martinis Yamin, Profesionalisme Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta. Gaung Persada Press. 2009

Gredler, Margaret , Teori dan Aplikasi. Jakarta. Predana Media Group. 2011

Moh. Uzer Usman. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Rosdakarya. 2011

Rosyada, Dede. Paradikma Pendidikan Demokratis Sebuah Modal Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta : Prenada Media. 2004

Nugroho, Ali. Pengembangan Pembelajaran sains Pada anak Usia Dini. Bandung: Jilsi Fondation. 2008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.