Mengoptimalkan pemahaman pendidik PAUD terhadap pembelajaran saintifik melalui kegiatan HIMPAUDI
Abstract
Kurikulum merupakan pusatnya sebuah pendidikan karena mengarah pada bentuk dan proses aktivitas pendidikan dalam rangka mencapai tujuan. Kurikulum akan membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis maupun fisik yang meliputi moral dan nilai agama, social emosional, kognitif, bahasa, fisik/motorik kemandirian dan seni untuk siap memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Pendekatan pembelajaran saintifik sangat diperlukan bagi anak usia dini. Karena anak sudah belajar menjadi peneliti sejak kecil. Himpaudi memegang peranan yang penting dalam rangka menjembatani pendidik untuk tercapainya program pembelajaran. Melalui Himpaudi, pendidik dapat menguasai kurikulum dua ribu tiga belas dengan pendekatan pembelajaran saintifik. Himpaudi sebagai organisasi pendidik anak usia dini sangat membantu peningkatan kualitas pendidik. Hal ini didasari dengan semakin banyaknya pelatihan- pelatihan kurikulum yang dilakukan oleh Himpaudi. Dalam melaksnakan tugasnya pendidik harus dibekali dengan kemampuan mengajar yang baik, sehingga dapat mengantarkan anak usia dini dalam menghadapi 100 tahun Indonesia merdeka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fadillah, M. 2014. Implementasi Kurtilas Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Dakir. 2010. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rieke Cipta.
E. Mulyasa, 2014. Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Rosdakarya.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks.
Haenilah, Een. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran Paud. Jogjakarta : Media Akademi
Martinis Yamin, Profesionalisme Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta. Gaung Persada Press. 2009
Gredler, Margaret , Teori dan Aplikasi. Jakarta. Predana Media Group. 2011
Moh. Uzer Usman. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Rosdakarya. 2011
Rosyada, Dede. Paradikma Pendidikan Demokratis Sebuah Modal Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta : Prenada Media. 2004
Nugroho, Ali. Pengembangan Pembelajaran sains Pada anak Usia Dini. Bandung: Jilsi Fondation. 2008
Refbacks
- There are currently no refbacks.