Edukasi dan Pelatihan Masyarakat dalam Pembuatan Desain Kemasan Produk dan Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Giri Berkah

Idam Ragil Widianto Atmojo, Azam Abdul Munip, Zein Siddiq Rikiaifuni, Kanindra Prahaspati

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu pengurus rumah produksi UMKM Giriberkah dalam membuat desain kemasan produk dan sosial media untuk pemasaran produk. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan melalui metode penyuluhan, pendampingan praktik pembuatan desain kemasan produk dan pembuatan sosial media instagram dan tiktok beserta kontennya. Partisipasi dan antusiasme ibu-ibu dalam kegiatan sangat baik serta aktif berbagi pengalaman dalam pelatihan pembuatan desain kemasan produk dan sosial media instagram serta tiktok. Dampak dari kegiatan pengabdian ini mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu pengurus rumah produksi UMKM Giriberkah dalam membuat desain kemasan produk dan sosial media untuk pemasaran produk. Dari kegiatan pengabdian berupa pelatihan pembuatan desain kemasan produk dan sosial media yang dilaksanakan di Desa Giritirto diperoleh hasil dari para ibu-ibu pengurus rumah produksi UMKM Giriberkah yang mendapatkan pemahaman tentang pentingnya desain kemasan produk dan sosial media untuk pemasaran sehingga dapat meningkatkan jumlah penjualan produk.

Keywords

pengabdian masyarakat, desain kemasan , sosial media

Full Text:

PDF

References

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2003 Manajemen Pemasaran, PT. Indeks, Jakarta, 2003.

Kotler, Philip Gary Armstrong 2008 Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1, Erlangga, Jakarta

Purba, E. Christine 2020 Kembang Telang (Clitoria ternatea L.): Pemanfaatan dan Bioaktivitas. Jurnal EduMatSains 4 (2): 111 – 124.

Klimchuk, Marrianne Rosner and Krasovec Sandra A 2007 Desain Kemasan Erlangga. Jakarta

Aditya wardhana 2015 Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKdi Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia.

Canavan, O., Henchion, M., & O’Reilly, S. 2007 The use of the internet as a marketing channel for Irish speciality food. International Journal of Retail and Distribution Management. https://doi.org/10.1108/09590550710728110

Chaffey, D., Chadwick, F. E., Mayer, R., & Johnston, K. 2009 Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. United States: Prentice Hall.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.