Persepsi orang tua peserta didik kelas IV SD terhadap platform pembelajaran dalam jaringan (daring) IPA selama masa sindemi

Muhdi Dendy Hernanto, Idam Ragil Widianto Atmojo, Roy Ardiansyah

Abstract

The purpose of this study was to determine the perceptions of the parents of grade IV
SD Angkasa Lanud Adi Soemarmo on the use of platforms in science learning. Respondents in this study were 16 parents of grade IV SD Angkasa Lanud Adi Soemarmo. This research is a descriptive qualitative research. Data collection was carried out by interviewing teachers and parents of students. The validity technique used is source triangulation. Data analysis using data reduction, data presentation, and levers. The final results of this study found that parents' perceptions of the science learning platform used were not yet effective, because the platform
used was only Whatsapp. The use of the Whatsapp Platform is also only for providing video material and for teaching assignments. The use of other platforms has also been implemented but has not been maximal in delivering material due to the bad internet.

.

Keywords

perceptions of the parents, platforms in science learning, elementary school

Full Text:

PDF

References

Z. Abidin et al. 2020 Education Game As An Effort Delightful Learning In The Elementary School, J. PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 4(1) 122–135

W. Solina 2017 Persepsi Orangtua tentang Pendidikan Konselor 6(3) 91-95

A. Sadikin et al. 2020 Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic) 6(1) 214–224

J. W. Kusuma and H. Hamidah 2020 Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19JIPMat 5(1) 97-106

R. H. Syah 2020 Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i 7(5) 395-402

W. Aji, F. Dewi, U. Kristen, and S. Wacana 2020 Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring 2(1) 55–61

M. Daheri, Juliana, Deriwanto, and A. D. Amda 2020 Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring J. basicedu 3(2) 524–532

R. Oktavian and R. F. Aldya 2020 Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0 Didakt. J. Pendidik. dan Ilmu Pengetahuan 20(2) 129–135

A. Niagati and I. R. W. Atmojo 2020 Peningkatan keterampilan penggunaan alat praktikum dalam pembelajaran ipa menggunakan model problem based learning ( PBL ) pada peserta didik kelas V sekolah dasar Didakt. J. Pendidik. dan Ilmu Pengetahuan 8(2) 1-6

R. Nurdianti 2020 Penerapan metode edutainment berbasis guided discovery learning ( GDL ) untuk meningkatkan keterampilan menyimpulkan pada pembelajaran IPA Didakt. J. Pendidik. dan Ilmu Pengetahuan 8(4) 1-6

O. N. Anisha and H. Mulyono 2020 Peningkatan pemahaman konsep kegiatan ekonomi dan jenis-jenis usaha melalui model pembelajaran kooperatif tipe example non example pada peserta didik kelas V sekolah dasar Didakt. J. Pendidik. dan Ilmu Pengetahuan 8(2) 1–5.

A. Sobron and S. Meidawati 2019 Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA CAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme 1(2) 30–38

M. Mashadi 2019 Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Tubuh Sehat melalui Metode Pembelajaran Jigsaw (Penelitian Tindakan Kelas Peserta Didik Kelas I Semester 1 SDN Ngiyono Tahun Pelajaran 2016/2017) JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm. Pendidik 5(1) 116–122

Y.F. Anggraeni, Kartono, I.R.W. Atmojo 2019 Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan Pembelajaran IPA Pada Siswa Sekolah Dasar JPI: Jurnal Ilmiah Pendidikan 5(3) 88-95

N. Agustina and R. Susanto 2017 Persepsi Guru Terhadap Pengembangan Profesionalisme Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika 2(1) 44-48

K. Arizona, Z. Abidin, and R. Rumansyah 2020 Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19 J. Ilm. Profesi Pendidik 5(1) 64–70

S. Hermuningsih and K. Wardani 2016 Persepsi Mahasiswa Terhadap Metode Simulasi Online Trading Di Bursa Efek Indonesia Di Fakultas Ekonomi Yogyakarta Ekobis 17(2) 199–207

A. S. Syarifudin 2020 Albitar Septian Syarifudin J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones 5(1) 1–4

R. Elfahmi 2021 Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Masa Pandemi 7(2) 45–52

A. Wilson 2020 Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi Berbasis Android saat Pandemi Globa SAP (Susunan Artik. Pendidikan) 5(1)

Syaharuddin 2020 Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID- 19 J. Chem. Inf. Model.21(1) 1–9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.