EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS ONLINE DITINJAU DARI HASIL BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN

Fadilla Risky Putri, Dwi Maryono, Endar Suprih Wihidayat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas  penerapan model pembelajaran  Student Team Achievement Division (STAD) berbasis online ditinjau dari hasil belajar dan disiplin belajar siswa pada mata pelajaran desain grafis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia II SMK N 6 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experimental design). Desain yang digunakan dalam penelitian ini pre-test dan post-test control design. Pengumpulan data melalui penyebaran angket kedisiplinan belajar dan hasil belajar. Berdasarkan data penelitian, dapat diketahui bahwa hasil dari uji t sampel berpasangan data skor tes hasil belajar kelas XI Multimedia II nilai sig yaitu 0,00 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbasis online berpengaruh meningkatkan hasil belajar. Hasil dari uji t sampel berpasangan data skor tes kedisiplinan belajar kelas XI Multimedia II nilai sig yaitu 0,00 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbasis online berpengaruh meningkatkan kedisiplinan belajar.

Full Text:

PDF

References

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Deepublish.

Haris, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Sikap Tanggung Jawab. Jurnal Biormatika FKIP Universitas Subang, Vol. 4 No.

Rattanatumma, T. (2016). Assessing the Effectiveness of STAD Model and Problem Based Learning in Mathematics Learning Achievement and Problem Solving Ability. Journal of Education and Practice, 7(12), 194–199.

Rochayati, U., Santoso, D., & Munir, M. (2014). MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE KOOPERATIF TIPE PROSES DAN HASIL BELAJAR. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22, No. 1, 108–118.

Slavin, R. E. (1978). Using Student Team Learning: The Johns Hopkins Team Learning Project. EDucation Resources Information Center(ERIC), 2–50.

Slavin, R. E. (1980). Cooperative Learning in Teams: State of the Art. Educational Psychologist, 15(2), 93–111. https://doi.org/10.1080/00461528009529219

Wati, E. R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab serta hasil belajar IPA pada siswa kelas IV. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(6), 758–767.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.