RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBUATAN LAPORAN PRAKTIKUM BERBASIS WEB PADA SMK

Riezka Layli Khusnia, A.G Tamrin, Agus Efendi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi pembuatan laporan praktikum yang berguna untuk memudahkan siswa dalam membuat laporan praktikum. Aplikasi ini dibuat untuk digunakan di lembaga pendidikan, terutama pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sering terjun untuk melakukan praktik. Aplikasi ini berbasis web yang langsung terkoneksi dengan guru, sehingga hasil laporan siswa dapat dilihat dan dinilai oleh guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sawit. Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, menyebarkan lembar penilaian dan dokumentasi. Rancang bangun aplikasi pembuatan laporan praktikum berbasis web pada SMK melalui sepuluh tahap yaitu: (1) Potensi dan masalah. (2) Pengumpulan data. (3) Desain produk, berupa membuat rancangan use case diagram, flowchart, DFD, ERD, pembuatan desain tampilan, pembuatan basis data dan pembuatan aplikasi. (4) Validasi desain, berupa pengujian yang dilakukan oleh ahli media. (5) Revisi desain, yaitu revisi dari ahli media. (6) Uji coba produk, berupa pengujian perorangan. (7) Revisi produk, yaitu revisi tahap I. (8) Uji coba pemakaian,  berupa pengujian oleh kelompok kecil. (9) Revisi produk, yaitu revisi tahap II.  (10) Produk akhir aplikasi, yaitu hasil akhir aplikasi pembuatan laporan praktikum berbasis web pada SMK. Hasil penelitian dari aplikasi pembuatan laporan praktikum mendapatkan nilai dalam bentuk persentase sebesar 89% dari ahli media, 91% dari kelompok kecil dan 81% dari kelompok luas. Sehingga, aplikasi pembuatan laporan praktikum berbasis web pada SMK masuk dalam kategori sangat layak digunakan dalam pembuatan laporan praktikum.

Kata Kunci: praktik, laporan praktikum, SMK, berbasis web

Full Text:

PDF

References

Dahlan, A. (2015). Metode Pembelajaran: Praktikum. Diperoleh 24 Februari 2016 dari, http://www.eurekapendidikan.com/ 2015/10/metode-pembelajaran-prak tikum.html

Djamarah, B. S. & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Greenlaw, R. & Hepp, E. (2002). In Line/On Line Fundamentals Of The Internet and The World Wide Web: Second Edition. New York: McGraw-Hill.

Hasibuan, S. (2015). Pengertian Aplikasi Komputer. Diperoleh 23 Februari 2016, dari http://www.sulaidihasibuan.com/2015/03/pengertianaplikasikomputer.html

Hendrayudi. (2009). VB 2008 untuk Berbagai Keperluan Pemrograman. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Jogiyanto. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Tersetruktur, Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Jovan, F.N. (2007). Panduan Praktis Membuat Web dengan. PHP untuk Pemula. Jakarta: Mediakita.

Kasanah, F. (2013). Pembuatan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran dan Pelayanan Program Diploma III Teknik Informatika Fakultas MIPA UNS. Tugas Akhir Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Keraf, G. (2001). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kristanto, H. (1994). Konsep & Perancangan Database. Yogyakarta: Andi.

Mulyadi. (2008). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Noviansyah, E. (2008). Aplikasi Website Museum Nasional Menggunakan Macromedia Dreamweaver Mx4. Jakarta: STIK.

Nugroho, A. (2009). Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java. Yogyakarta: Andi.

Purmintasari, Y. D. (2013). Pengembangan Media Buku Ilustrasi Pop-Up Sejarah Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Tesis Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Rama, D. V. & Jones, F. L. (2008). Sistem Informasi Akuntansi. Buku Satu. Terj. M. Slamet Wibowo. Jakarta: Salemba Empat.

Riduwan. (2009). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rizqi, A. & Suhartini, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran CD Multimedia Interaktif Draping Collar. Jurnal Tata Busana, 4 (3), 73-78. Diperoleh 25 Mei 2016, dari http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jur nal-tata-busana/article/view/12858

Rohmani. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Terintegrasi dengan LKS Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak Kelas X SMA/MA. Tesis Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Santoso, I. (2009). Interaksi Manusia dan Komputer Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Solichin, A. (2010). MySQL 5: Dari Pemula Hingga Mahir. Jakarta.

Sucita, T. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Praktikum Berbasis Software Komputer. (hlm. 1). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudirman, N. dkk. (1992). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumaji. (2003). Pendidikan Sains yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisius.

Turban, E. et al. (2005). Introduction to Information Technology: Third Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Wardani, S. K. (2013). Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 1 Pacitan. Penelitian Sistem Informasi, 1 (1). Diperoleh 28 Februari 2016, dari http://epub. tiunsa.org/index.php/SistemInformasi/ar ticle/view/83

Winataputra. (1993). Strategi Belajar dan Mengajar IPA. Jakarta: Universitas Terbuka Depdikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.