PENERAPAN SIMULATOR CISCO PACKET TRACER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ SMK NEGERI 1 BANYUDONO

Isnaini Anisa Ardi, Agus Efendi, A.G Tamrin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah (1) penerapan simulator Cisco Packet Tracer dengan model pembelajaran TGT dalam mata pelajaran Jaringan Dasar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (2) penerapan simulator Cisco Packet Tracer dengan model pembelajaran TGT dalam mata pelajaran Jaringan Dasar dapat meningkatkan keaktifan siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahap yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang dimulai dari bulan April sampai Mei 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan cara triangulasi. Analisis data kualitatif dilakukan dengan teknik analisis kritis yang terdiri dari reduksi, penyajian, verifikasi, penarikan kesimpulan, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan teknik statistik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan simulator Cisco Packet Tracer dengan model pembelajaran TGT dalam mata pelajaran Jaringan Dasar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa ranah kognitif dari pra tindakan 24,24%, siklus I 60,61%, dan siklus II 75,76%. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa ranah afektif dari pra tindakan 51,52%, siklus I 75,76%, dan siklus II 87,88%. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa ranah psikomotorik dari pra tindakan 24,24%, siklus I 72,73%, dan siklus II 84,85%. Penerapan simulator Cisco Packet Tracer dengan model pembelajaran TGT dalam mata pelajaran Jaringan Dasar dapat meningkatkan keaktifan siswa. Peningkatan persentase keaktifan kelas dari pra tindakan 33,94%, siklus I 68,48%, dan siklus II 77,58%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan simulator Cisco Packet Tracer dengan model pembelajaran TGT dalam mata pelajaran Jaringan Dasar dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2015/2016.

 

Kata Kunci: Teams Games Tournament, hasil belajar kognitif, hasil belajar afektif, hasil belajar psikomotorik, keaktifan  

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Astuti, Y. A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI-IPS III SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta..

Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: AV Publisher.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Iqbal, F. M. (2012). Program Simulasi Jaringan Komputer: Cisco Packet Tracer.Ilmukomputer.com. Diperoleh pada 2 Maret 2016, dari http://ilmukomputer.org/.

Pringgawidagda, S. (2002). Strategi Penguasaan Berbahasa.Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rombepajung. (1988). Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Asing. Jakarta: Depdikbud Dirjend Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Rusmin, N. (2014). Ranah Kognitif dalam Pembelajaran Taksonomi Bloom. Diperoleh pada Kamis, 30 Juni 2016 dari http://nurjadinrusmin.blogspot.co.id/20 14/07/ranah-kognitif-dalampembelajaran_8.html. Yusdi, A. (2013). Pembuatan Televisi Trainer sebagai Media Pembelajaran Troubleshooting Televisi Warna pada Siswa SMK Negeri 3 Tegal.

Sardiman, A, M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Setiyoningsih, A. (2013). Upaya

Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Media Pembelajaran Kartu pada Siswa Kelas XI IPS-3 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2013. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Slavin, R. E. (2005). Teori, Riset dan Praktik. Terj. Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Sujarwo. (2014). Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Venus Gold Press.

Suprijono, A. (2009). Cooperatve Learning: Teori dan Aplikasi PIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Van Wyk, M. M. (2011). The Effects of Teams-Games-Tournaments on Achievement, Retention, and Attitudes of Economics Education Students. JSS, 26 (3), 183-193. Diperoleh pada 6 Maret 2016, dari http://www.krepublishers.com.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.