Penerapan Modul Elektronik Sigil untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan dan Kemampuan Representasi Grafik Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ainsworth, S. (2008). The educational value of multiple-representations when learning complex scientific concepts. Visualization: Theory and Practice in Science Education, 1–15. https://doi.org/10.1007/978-1-4020-5267-5_9
Aisy, D. R., Farida, F., & Andriani, S. (2020). Pengembangan e-modul berbantuan sigil software dengan pendekatan saintifik pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 61–71. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1499
Aji, D. S., Hudha, M. N., & Rismawati, A. (2017). Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 36–51. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.830
Aqib, Z. (2017). Penelitian tindakan kelas (PTK) SMA/MA-SMK/MAK. (R. KR, Ed.) (1 ed.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Arianti, B. I., Sahidu, H., Harjono, A., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh model direct instruction berbantuan simulasi virtual terhadap penguasaan konsep siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 159–163. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.307
Ainsworth, S. (2008). The educational value of multiple-representations when learning complex scientific concepts. Visualization: Theory and Practice in Science Education, 1–15. https://doi.org/10.1007/978-1-4020-5267-5_9
Aisy, D. R., Farida, F., & Andriani, S. (2020). Pengembangan e-modul berbantuan sigil software dengan pendekatan saintifik pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 61–71. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1499
Aji, D. S., Hudha, M. N., & Rismawati, A. (2017). Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 36–51. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.830
Aqib, Z. (2017). Penelitian tindakan kelas (PTK) SMA/MA-SMK/MAK. (R. KR, Ed.) (1 ed.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Arianti, B. I., Sahidu, H., Harjono, A., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh model direct instruction berbantuan simulasi virtual terhadap penguasaan konsep siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 159–163. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.307
Banawi, A. (2019). Implementasi pendekatan saintifik pada sintaks discovery/inquiry learning, based learning, project based learning. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 90. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.850
Haqiqi, L. N., Akhdinirwanto, R. W., & Maftukhin, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran modul fisika berbasis software sigil berekstensi epub untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(2), 125. https://doi.org/10.32699/spektra.v6i2.146
Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97–102. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.242
Kamelta, E. (2013). Pemanfaatan internet oleh mahasiswa jurusan teknik sipil fakultas teknik Universitas Negeri Padang. Cived, 1(2), 142–146. Diambil dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/article/viewFile/1851/1593
Liana, Y. R., Ellianawati, & Hardyanto, W. (2019). Pengembangan e-modul interaktif berbasis android menggunakan sigil software pada materi listrik dinamis. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 926–932.
Maharani, P., Alqodri, F., & Cahya, R. A. D. (2015). Pemanfaatan software sigil sebagai media pembelajaran e-learning yang mudah, murah dan user friendly dengan format epub sebagai sumber materi. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 6(8), 25–30.
Masrifah, Setiawan, A., Sinaga, P., & Setiawan, W. (2018). Investigasi kemampuan representasi grafik mahasiswa fisika pada konsep hukum newton. Saintifik: Jurnal Ilmiah MIPA, 3(2), 56. Diambil dari http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/Saintifik/article/view/1133%0Ahttp://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/Saintifik/article/download/1133/878
Munandar, R. R., Cahyani, R., & Fadilah, E. (2021). Pengembangan e-modul sigil software untuk meningkatkan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Biodik, 7(4), 191–202. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.15204
Musfiqon, & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan pembelajaran saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Pribadi, B. (2017). Media dan teknologi dalam pembelajaran.
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. Diambil dari http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika
Rosna, A. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif pada mata pelajar IPA di kelas IV SD terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 04(6), 235–246.
Rustaman, A. H., Iqbal, M., & Amelia, W. (2019). Pengembangan modul digital praktikum komputer grafis 1 dalam format elektonik publication (EPUB) untuk meningkatkan pemahaman teknik grafis mahasiswa desain komunikasi visual (topik: digital imaging). Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(1), 224–229. Diambil dari http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP
Samudra, G., Suastra, M., & Suma, M. (2014). Permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa sma di kota Singaraja dalam mempelajari fisika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 1–7.
Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis keterampilan literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763
Siswanto, J., Susantini, E., & Jatmiko, B. (2018). Multi-representation based on scientific investigation for enhancing students’ representation skills. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012034
Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul virtual: multimedia flipbook dasar teknik digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860
Suseno, N. (2014). Pemetaan analogi pada konsep abstrak fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 10. https://doi.org/10.24127/jpf.v2i2.118
Treagust, D. (2018). The importance of multiple representations for teaching and learning science. Education Research Highlights in Mathematics, Science and Technology 2018, 215–223. Diambil dari http://link.springer.com/10.1007/978-981-10-3549-4
Widianingtiyas, L., Siswoyo, S., & Bakri, F. (2015). Pengaruh pendekatan multi representasi dalam pembelajaran fisika terhadap kemampuan kognitif siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.21009/1.01105
Yulando, S., Sutopo, S., & Franklin Chi, T. (2019). Electronic module design and development: an interactive learning. American Journal of Educational Research, 7(10), 694–698. https://doi.org/10.12691/education-7-10-4
Refbacks
- There are currently no refbacks.