Penyusunan Modul Fisika Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Siswa Kelas XI SMA

Rahmat Taufiq, Sarwanto Sarwanto, Sukarmin Sukarmin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menyusun modul fisika dengan karakteristik berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dan memenuhi aspek literasi sains Pada Materi Fluida Dinamis untuk Siswa Kelas XI SMA yang dikembangkan; dan (2) mengetahui kevalidan dari modul fisika berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada Materi Fluida Dinamis untuk Siswa Kelas XI SMA yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model penyusunan modul mengadopsi dari ADDIE yang dikembangkan oleh Dick & Carry. Prosedur ini dimodifikasi hingga tahap ketiga dengan tahapan sebagai berikut: analysis, design, dan development. Sumber data penelitian diperoleh dari dua validator ahli, dua reviewer, dan 71 siswa. Data kualitatif diambil melalui wawancara serta angket terbuka. Data kuantitatif diambil melalui angket tertutup dan dianalisis dengan analisis deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini: (1) karakteristik modul fisika yang disusun yaitu menggunakan alur pembelajaran dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dan memuat aspek literasi sains; dan (2) kelayakan modul fisika dari penilaian validator ahli, penilaian reviewer, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan  uji coba lapangan menunjukkan modul fisika yang disusun dikategorikan layak digunakan untuk pembelajaran fisika pada materi fluida dinamis.

Keywords

fluida dinamis; literasi sains; modul fisika; SETS (science, environment, technology and society)

References

Anggraeni, I., Faizah, Septian, D. (2019). Pengembangan modul fisika berbasis inkuiri terbimbing materi fluida dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 2(2) 86-96.

Azwar, S. (2007). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Dirjen PMPTK.

Depdiknas. (2008). Penulisan modul. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan & Tenaga Kependidikan Departemen dan Pendidikan Nasional.

Kemendikbud (2017). Materi pendukung literasi sains. Jakarta: TIM GLN Kemendikbud.

Nurdini., Sari, I.M., & Suryana, I. (2018). Analisis buku ajar fisika SMA kelas XI semester I di kota bandung berdasarkan keseimbangan aspek literasi sains. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. 3(1): 96-103.

OECD (2003). The PISA 2003 assessment framework - mathematics, reading, science and problem solving knowledge and skills. Paris: OECD Publishing.

OECD (2019). PISA 2018 assessment and analytical framework. OECD publishing.

OECD (2016a). PISA 2015 assessment and analytical framework: science, reading, mathematics, and financial literacy. Paris: OECD Publishing.

OECD (2016b). PISA 2015 results: excellence and equity in education volume I. Paris: OECD Publishing.

Panjaitan., M.B., & Siadari., M.D. (2021). Analisis literasi sains pada buku teks fisika SMA kelas XI. Jurnal Ilmiah Maksitek. 6(2).

Poedjiadi, A. (2010). Sains teknologi masyarakat: model pembelajaran kontekstual bermuatan nilai. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.