Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Multirepresentasi Menggunakan 3D Pageflip Professional Materi Momentum dan Impuls untuk Kelas X

Elma Rakhmah Malika, Sarwanto Sarwanto, Rini Budiharti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) karakteristik modul pembelajaran elektronik berbasis multirepresentasi menggunakan 3D Pageflip Professional pada materi Momentum dan Impuls; (2) kelayakan pengembangan modul pembelajaran elektronik berbasis multirepresentasi menggunakan 3D Pageflip Professional materi Momentum dan Impuls. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D). Metode pengembangan instruksional dalam penelitian ini meliputi tahap analysis, design, dan development. Tahap analisis dilakukan dengan analisis masalah dan analisis kebutuhan, tahap desain dilakukan perancangan dan format awal modul, serta tahap pengembangan merupakan realisasi modul dan validasi, serta uji coba. Data kualitatif diperoleh melalui analisis kebutuhan, wawancara kepada guru, dan saran hasil penilaian. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari nilai rata-rata angket validasi ahli dan reviewer, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dari 2 sekolah SMA negeri dan 1 MA swasta di Kabupaten Tegal. Pada teknik analisis data kualitatif digunakan teknik triangulasi sumber, sedangkan data kuantitatif digunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa modul elektronik berbasis multirepresentasi menggunakan 3D Pageflip Professional materi momentum dan impuls untuk kelas X SMA berhasil diselesaikan dengan kriteria sangat baik dengan karakteristik disajikan dalam format elektronik, efisien dan tahan lama, dilengkapi video audio, disajikan dengan multirepresentasi, dan dapat melakukan transisi zoom in/out. Dengan demikian, modul elektronik layak digunakan pada proses pembelajaran fisika.

Keywords

3D Pageflip Professional; Modul elektronik; Momentum Impuls; Multirepresentasi.

References

Auditor, E., & Naval, D. J. (2014). Development and validation of tenth grade physics modules based on selected least mastered competencies. International Journal of Education Research, 2(12), 145–152.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.

Parfitasari, R. (2015). Penerapan project based learning untuk meningkatkan keterampilan bertanya dan hasil belajar fisika siswa kelas x mia 1 sma islam 1 surakarta pada materi listrik dinamis. Universitas Sebelas Maret.

Perdana, F. A., Sarwanto, Sukarmin, & Sujadi, I. (2017). Development of e-module combining science process skills and dynamics motion material to increasing critical thinking skills and improve student learning motivation senior high school. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(1), 45–54.

Resita, I., & Ertikanto, C. (2018). Designing electronic module based on learning content development system in fostering students’ multi representation skills. Journal of Physics: Conference Series, 1022(1), 1–8.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19 (online learning in the middle of the covid-19 pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(02), 214–224.

Sari, W., Jufrida, & Pathoni, H. (2017). Pengembangan modul elektronik berbasis 3d pageflip professional pada materi konsep dasar fisika inti dan struktur inti mata kuliah fisika atom dan inti. Jurnal EduFisika, 02(01), 38–50.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran daring kombinasi berbasis whatsapp pada kelas karyawan prodi teknik informatika universitas pgri madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81–86.

Suhandi, A., & Wibowo, F. C. (2012). Pendekatan multirepresentasi dalam pembelajaran usaha-energi dan dampak terhadap pemahaman konsep mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1), 1–7.

Widianingtiyas, L., Siswoyo, & Bakri, F. (2015). Pengaruh pendekatan multi representasi dalam pembelajaran fisika terhadap kemampuan kognitif siswa sma. JPPPF - Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 31–38.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.