Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Moodle Pada Materi Gelombang Bunyi

Nurdiyanti Nurdiyanti, Sukarmin Sukarmin, Rini Budiharti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Fisika berbasis Moodle, dan menghasilkan produk media pembelajaran Fisika pada materi Gelombang Bunyi berbasis Moodle yang layak digunakan dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang dilaksanakan hingga tiga tahap prosedur pengembangan (Analysis, Design, dan Development). Data yang didapat berupa data kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif yang diperoleh dari angket. Sumber data meliputi 2 ahli media dan ahli materi, 5 mahasiswa, 3 guru fisika, dan siswa. Siswa yang terlibat antara lain sejumlah 3 siswa pada uji coba satu-satu, 9 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 90 siswa pada uji coba lapangan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Surakarta, SMAN 6 Surakarta, dan SMA Al Islam 1 Surakarta. Karakteristik media yang dihasilkan yaitu dapat dijalankan menggunakan perangkat laptop ataupun smartphone, berisi kegiatan siswa dengan pola pendekatan saintifik yang tercermin dari lembar kerja siswa berupa diskusi proses. Bagian media pembelajaran Moodle ini meliputi pendahuluan, topik materi pembelajaran, dan ruang feedback antara siswa dan guru. Berdasarkan validasi media pembelajaran oleh ahli dan reviewer serta penilaian oleh siswa dari aspek materi, bahasa, dan tampilan media didapat kesimpulan bahwa media sangat baik dengan kelayakan sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran. Adapun nilai rerata masing-masing yaitu validasi ahli media 90,27%, validasi ahli materi sebesar 89%, validasi peer reviewer 90,30%, penilaian guru 87,35%, penilaian uji satu-satu 89,49%, uji kelompok kecil 84,90%, dan uji lapangan 83,05%.

Keywords

Fisika; Gelombang Bunyi; Media Pembelajaran; Moodle

References

Abdillah, R., Kuncoro, A., Hermawan, R., Erlangga. (2021). Analisis dan kajian teori media pembelajaran elektronik menggunakan metode MCDA framework. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran.

Arsyad, A. (2009). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azwar, S. (2015). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Febliza, A., & Okatariani. (2020). The development of online learning media by using moodle for general chemistry subject. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(1), 40–47. doi:10.26858/est.v6i1.12339

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran (T. Limbong (ed.)). Medan: Yayasan Kita Menulis.

Huda, N., & M, T. (2015). Pengaruh perubahan kurikulum 2013 ke kurikulum 2006 (KTSP) terhadap proses pembelajaran (studi kasus di SMP negeri 1 Kepung). Jurnal Inovatif, 1(2), 114–135.

Kemdikbud. (2020). Panduan pembelajaran jarak jauh. In kementrian pendidikan dan kebudayaan. https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/panduan-pembelajaran-jarak-jauh/

Kim, E., Park, H., & Jang, J. (2019). Development of a class model for improving creative collaboration based on the online learning system (moodle) in Korea. Journal of Open Innovation : Technology, Market, and Complexity, 5(67). doi:10.3390/joitmc5030067

Maspaeni, Wibawa, B., & Yusuf, H. (2017). Pemilihan model pembelajaran e-learning berbasis learning managemen system. Jurnal Explore STMIK Mataram, 7(2), 18–24.

Permana, H., Andri, B. L., & Muliyati, D. (2021). The development of moodle based e-learning for newtons ’ law in high school physics. Journal of Physics : Conference Series International Conference on Mathematics and Science Education (ICMDcE 2021), 1–6. doi:10.1088/1742-6596/2098/1/012024

Pribadi, B. A. (2014). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi: implementasi model ADDIE (Pertama). Prenada Media Group.

Retnoningsih, E. (2017). Perbandingan learning management system edmodo dan moodle dalam pembelajaran online. Information System for Educators and Professionals : Journal of Information System, 1(2), 221–230.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. (n.d.). Retrieved January 17, 2021, from https://www.dpr.go.id/jdih/uu1945

Winaryo, S. (2020). Evaluasi program penyelenggaraan pendidikan berkualitas dan terakses jenjang pendidikan dasar di provinsi Kalimantan Tengah. Equity in Education Journal, 2(1), 1–10.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.