Pengembangan Alat Peraga Fisika dengan Waterflow Sensor pada Materi Asas Kontinuitas untuk Siswa SMA Kelas XI

Khairunnisa Arief Nurfajrihana, Daru Wahyuningsih, Ahmad Fauzi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan alat peraga asas kontinuitas dengan sensor waterflow untuk siswa SMA yang memenuhi kriteria baik, (2) menjelaskan spesifikasi alat peraga asas kontinuitas dengan sensor waterflow untuk siswa SMA yang telah dikembangkan. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang hanya dilakukan hingga tahap ketiga (tahap pengembangan). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) penelitian ini telah berhasil mengembangkan alat peraga fisika menggunakan sensor waterflow pada materi asas kontinuitas untuk siswa SMA kelas XI yang memenuhi kriteria sangat baik, dengan rata-rata penilaian validasi 89% dan uji coba lapang 91%, (2) spesifikasi alat peraga yang dikembangkan antara lain: (a) memiliki ukuran sebelum dirangkai (48*30*28) cm dan ukuran (90* 30*70) cm setelah dirangkai, (b) menggunakan bahan yang aman bagi peserta didik, (c) alat peraga menggunakan 2 buah sensor waterflow YF-S201 serta venturimeter dengan 2 jenis luas pipa penampang, (d) berguna untuk pembuktian asas kontinuitas berdasarkan pengukuran debit air oleh waterflow sensor dan dilengkapi dengan venturimeter, (e) alat peraga ini ditujukan sebagai pendukung pembelajaran dalam rangka memperoleh pengalaman belajar langsung pada materi asas kontinuitas Fisika SMA kelas XI.

Keywords

Alat Peraga; Asas Kontinuitas; Sensor Waterflow; Venturimeter

References

Al Ayubi, M. S., Dzulkiflih., & Rahmawati, E. (2015). Perancangan dan penerapan aparatus pengukuran debit air dengan menggunakan venturimeter dan water flow sensor. Diperoleh dari https://pdfslide.tips/

Ernawati, I. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204-210. Diperoleh dari https://journal.uny.ac.id

Fauziah, I. N. (2019). Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis problem based learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika peserta didik SMA. (Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta). Diperoleh dari https://eprints.uny.ac.id/

Giancoli, D. C. (2014). Fisika prinsip dan aplikasi (Edisi ke-7 Jilid 1). (Irzam H, penerjemah). Jakarta: Erlangga. (Buku asli diterbitkan 2014)

Herdayanti, A. (2020). Pengembangan alat peraga fluida dinamis pada sma negeri 2 lubuk pakam. (Thesis, UNIMED). Diperoleh dari https://digilib.unimed.ac.id/

Ibrahim, M. (2012). Seri pembelajaran inovatif konsep, miskonsepsi, dan cara pembelajarannya. Surabaya: Unesa University Press.

Iqbal Maulana Shidqi, Muhammad., & Anggaryani, M. (2020). Pengembangan alat peraga berbasis sensor flowmeter untuk menerapkan persamaan kontinuitas pada materi fluida dinamis. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2). Diperoleh dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset terapan bidang pendidikan dan teknik. Yogyakarta: UNY. http://staffnew.uny.ac.id/.

Riduwan. 2012. Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Saputra, O., dkk (2019). Miskonsepsi siswa SMA pada topik fluida. Seminar Nasional Lontar Physics Forum (pp. 65-72). Diperoleh dari http://repository.upi.edu/

Sholihat, F. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran albici berbantuan simulasi komputer terhadap penurunan miskonsepsi pada konsep fluida dinamik. (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia). Diperoleh dari http://repository.upi.edu/.

Sholihat, F. N., Samsudin, A., & Nugraha, M. G. (2017). Identifikasi miskonsepsi dan penyebab miskonsepsi siswa menggunakan four-tier diagnostic test pada sub-materi fluida dinamik: azas kontinuitas. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 175-180. Diperoleh dari http://journal.unj.ac.id.

Yogantari, P. (2015). Identifikasi kesulitan siswa dalam pembelajaran fisika. Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya. Malang: FMIPA UNM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.