Penyusunan Modul Elektronik Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Momentum dan Impuls untuk SMA Kelas X
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan dari modul elektronik fisika berbasis Saintifik pada materi Momentum dan Impuls untuk SMA Kelas X yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahap yang digunakan pada penelitian ini berupa analisis, desain, dan pengembangan (ADD). Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan angket. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data telah divalidasi oleh pembimbing. Data hasil penelitian diperoleh dari dua validator ahli, dua reviewer, tiga teman sejawat, dan 10 peserta didik SMA Al-Islam 1 Surakarta sebagai uji coba awal. Teknik analisa data kuantitatif menggunakan lima kriteria pengklasifikasian oleh Saifudin Azwar dan data kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) modul elektronik fisika berbasis saintifik pada materi momentum dan impuls untuk SMA Kelas X berhasil dibuat dengan spesifikasi produk (.apk) yang dapat diterapkan di Android, penggunaan memori smartphone yang ringan yaitu 13 megabytes (MB), dapat digunakan secara daring maupun laring sehingga menghemat konsumsi data internet, modul mudah dioperasikan untuk semua orang, dan modul dapat menunjang pembelajaran jarak jauh karena bahasa yang mudah dipahami dan memiliki instruksi yang jelas (user friendly). 2) Hasil validasi dan kelayakan modul elektronik dinyatakan memiliki kriteria sangat baik oleh validator dengan persentase 100% dalam semua aspek dan menurut tanggapan peserta didik pada uji coba awal modul memiliki kriteria sangat baik pada semua aspek sebesar 80%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Depdiknas, (2003). Standar kompetensi mata pelajaran fisika. Jakarta: Balitbang Depdiknas
Diaurrahman. (2017). Silabus fisika sma kurikulum 2013 revisi. Retrieved November 13, 2019, from Belajar Fisika Yuk: www.diaurrahman.wordpress.com
Januarti. (2019). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis android untuk siswa SMA kelas xii menggunakan aplikasi app inventor 2. Jurnal Online Mahasiswa 6(1)
Julaila, Y. (2015). Multimedia pembelajaran interaktif materi suhu dan kalor berbasis android pendidikan fisika. FKIP : Universitas Sebelas Maret.
Rozadi, N. (2017). Penyusunan modul pembelajaran fisika berbasis scientific approach pada materi gerak melingkar untuk siswa SMA kelas x. Pendidikan fisika. FKIP : Universitas Sebelas Maret.
Sari, T, dan Suharyanto (2016). Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi fluida statis untuk meningkatkan minat dan hasil belajar ranah kognitif peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika 5(6) : 384-389.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta
Sukiman. (2012). Pengembangan media pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Suryani, N. (2018). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Warsita, B. (2010). Mobile learning sebagai model pembelajaran yang efektif dan inovatif. Jurnal Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan 14(1) : 63
Yudanto, D. (2017). Pengembangan media pembelajaran mobile learning pada platform android berbasis app inventor sebagai sumber belajar mandiri untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMAN yogyakarta. Jurnal Pendidikan Fisika 6 (3) : 190Refbacks
- There are currently no refbacks.