Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Saintifik Menggunakan Software Sigil pada Materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi

Sabrina Kusuma Dewi, Elvin Yusliana Ekawati, Rini Budiharti

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan modul elektronik fisika berbasis saintifik menggunakan software Sigil pada materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi, (2) mendeskripsikan hasil validasi modul elektronik fisika berbasis saintifik menggunakan software Sigil pada materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi. Pada penelitian ini digunakan metode pengembangan dengan model ADDIE menggunakan tiga tahap prosedur pengembangan: (1) analysis, (2) design, dan (3) development. Data yang didapatkan berupa data kualitatif dan data kuantititatif. Penelitian dilakukan SMAN 1 Surakarta, SMAN 1 Kartasura, dan SMAN 8 Surakarta. Sumber data terdiri dari dua orang ahli, tiga orang guru fisika SMA, sepuluh orang mahasiswa, dan 95 orang siswa. Uji coba pada siswa dibedakan menjadi tiga tahap: uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Kesimpulan penelitian: (1) Prosedur pengembangan modul terdiri dari tahap persiapan, tahap pembuatan, dan tahap penyelesaian. (2) Berdasarkan hasil validasi ahli dan reviewer serta penilaian yang meliputi aspek materi, tampilan media, dan bahasa, modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan dinilai sangat baik. Adapun nilai rerata masing-masing adalah sebagai berikut: validasi ahli 153, validasi reviewer 159, penilaian mahasiswa 172, uji coba satu-satu 86,1%, uji coba kelompok kecil 100%, dan uji coba lapangan 91,2%.

Keywords

Modul Pembelajaran Elektronik, Sigil, Keseimbangan dan Dinamika Rotasi

References

Alperi, Muzanip. (2019). Peran bahan ajar digital sigil dalam mempersiapkan kemandirian belajar peserta didik. Jurnal Teknodik 23(2).

Amalia, F. (2017). Efektifitas penggunaan e-book dengan sigil untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis. Seminar Nasional Fisika (SNF) FMIPA UNESA.

Azwar, Saifuddin. (2007). Tes prestasi dan pengembangan pengukuran belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ghaliyah, Sitti. Bakri, Fauzi. Siswoyo. (2015). Pengembangan modul elektronik berbasis model learning cycle 7e pada pokok bahasan fluida dinamik untuk siswa SMA kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) Vol. IV.

Gonzales, M. A. Llamas, C. (2015). Teaching and learning physics with smartphones. Journal of Cases on Information Technology, 17 (1).

Kiswanto, Heri. (2012). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan komputer pada materi dimensi tiga. UNESA.

Sekar Sari, Anggi. (2016). Pengembangan buku digital melalui aplikasi sigil pada mata kuliah cookies dan candys. Jurnal Science Tech, 1 (2).

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tafonao, Talizaro. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2 (2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.