Eksperimen Discovery Learning dan Problem Based Learning Ditinjau Ketekunan Belajar Siswa Materi Hukum Newton

Arina Zaida Ilma, Rini Budiharti, Elvin Yusliana Ekawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya : 1) perbedaan pengaruh model discovery learning dan model problem based learning keduanya berbantuan modul LCDS terhadap hasil belajar kognitif peserta didik 2) perbedaan pengaruh antara tingkat ketekunan belajar kategori tinggi dan rendah terhadap hasil belajar kognitif peserta didik, dan 3) interaksi antara pengaruh model pembelajaran dan tingkat ketekunan belajar fisika peserta didik terhadap hasil belajar kognitif dengan subjek peserta didik kelas X materi Hukum Newton tentang Gerak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Subjek penelitian peserta didik kelas X SMA Pradita Dirgantara Boyolali Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi untuk memperoleh data yang berupa nilai Fisika Penilaian Akhir Semester Gasal kelas X, teknik tes untuk data hasil belajar kognitif, dan teknik angket untuk memperoleh data ketekunan belajar peserta didik. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan uji anava dua jalan dengan frekuensi sel tak sama. Kesimpulannya adalah : 1) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model discovery learning dan  model problem based learning yang keduanya berbantuan modul LCDS terhadap hasil belajar kognitif peserta didik (Fobservasi = 6,057 > Ftabel = F0,05;1;56 = 4,01). 2) Ada perbedaan pengaruh antara ketekunan belajar fisika peserta didik kategori tinggi dan rendah terhadap hasil belajar kognitif peserta didik (Fobservasi = 5,093 > Ftabel = F0,05;1;0,56 = 4,01).  3) tidak ada interaksi antara pengaruh model pembelajaran dan tingkat ketekunan belajar peserta didik terhadap hasil belajar kognitif peserta didik (Fobservasi = 0,526 < Ftabel = F0,05;1;56 = 4,01).

Keywords

Ketekunan Belajar; Metode Eksperimen; Model Discovery Learning; Model Problem Based Learning

References

Astalini, Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Pathoni, H. (2019). Identifikasi sikap peserta didik terhadap mata pelajaran fisika di sekolah menengah atas negeri 5 kota jambi. Unnes Physics Education Journal, 10.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas. Pustaka Belajar.

Azwar, S. (2013). Penyusunan skala psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar.

Budiharti, R., Fauzi, A., & Nugraheny, I. (2019). Kaidah interaktif pengembangan modul elektronik pembelajaran fisika berbasis lcds pada materi gerak melingkar. Proceeding Biology Education Conference, 6(1), 55–61.

Daniela, P. (2015). The relationship between self-regulation, motivation and performance at secondary school students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 2549–2553. doi:10.1016/j.sbspro.2015.04.410

Docktor, J. L., & Mestre, J. P. (2014). Synthesis of discipline-based education research in physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 10(2), 020119. doi:10.1103/PhysRevSTPER.10.020119

Herlinda, Swistoro, E., & Risdianto, E. (2017). Pengaruh model problem based learning (pbl) terhadap hasil belajar, kemampuan pemecahan masalah fisika dan minat belajar siswa pada materi fluida statis di SMAN 1 lebong sakti. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1).

Naj’iyah, A. L., Suyatna, A., & Abdurrahman, A. (2020). Modul interaktif efek fotolistrik berbasis LCDS untuk menstimulus kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 79. doi:10.24127/jpf.v8i1.1943

Nurhidayah, Yani, A., & Nurlina. (2016). Penerapan model contextual teaching learning (CTL) terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas XI SMA handayani sungguminasa kabupaten gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2).

Nuriyah, R., Yuliati, L., & Supriana, E. (2017). Eksplorasi penguasaan konsep hukum newton siswa. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 2.

Pertiwi, E. F. (2018). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X IPA SMA negeri 3 gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2).

Sati, D. L. (2017). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains di kelas VII.B SMP negeri 10 kota bengkulu. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 6.

Simamora, F. G., Ertikanto, C., & Wahyudi, I. (2017). Pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis LCDS terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pembelajaran Sains, 5(3), 91–101.

Tamardiyah, N. D. (2017). Minat kedisiplinan dan ketekunan belajar terhadap motivasi berprestasi dan dampaknya pada hasul belajar matematika SMP. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(1), 26–37.

Violleta, P. T. (2020). Mendikbud tegaskan eksperimen penting untuk pendidikan. Diakses dari https://today.line.me/id/v2/article/Mendikbud+tegaskan+eksperimen+penting+untuk+pendidikan-lYJ9wL

Refbacks

  • There are currently no refbacks.