Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis LCDS–Model Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Materi Hukum Gravitasi Newton

Yoga Ashari Putri, Elvin Yusliana Ekawati, Pujayanto Pujayanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tahapan proses pengembangan perangkat pembelajaran berbasis LCDS dengan model konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi Hukum Gravitasi Newton yang layak digunakan, (2) mendeskripsikan spesifikasi perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian mengacu pada model ADDIE. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitati f yang didukung data kuantitatif. Sumber data berasal dari 2 orang ahli, 3 orang guru fisika SMA, 3 orang teman sejawat, dan 102 orang siswa. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini, yaitu: (1) Tahapan pengembangan perangkat pembelajaran terdiri dari analisis, desain, dan pengembangan (2) Produk akhir penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa RPP, LKS, instrumen penilaian kognitif dengan  koefisien reliabilitas sebesar 0,725 (kategori tinggi), dan instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,722 (kategori tinggi). Spesifikasi produk adalah sebagai berikut: (a)RPP terdiri dari lima pertemuan dengan alokasi waktu 2JP dan 1JP perminggu. Model pembelajaran yang digunakan adalah konstruktivisme dengan langkah pembelajaran mengacu pada modul pembelajaran berbasis LCDS; (b)LKS terdiri dari enam bagian yaitu identitas LKS, kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan, alat dan bahan, cara kerja, hasil percobaan, analisis data, dan kesimpulan; (c)instrumen penilaian kognitif terdiri dari kisi-kisi, soal tes dan jawaban soal. Instrumen kognitif berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 soal; (d)instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis terdiri dari identitas, kisi-kisi soal dan rubrik penilaian. Instrumen ini berupa soal yang mewakili lima aspek kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan secara menyeluruh memenuhi kategori baik serta layak digunakan.

Keywords

Perangkat Pembelajaran, Konstruksivisme, Berpikir Kritis, Hukum Gravitasi Newton

References

Aremu, A., & Efuwape, B. M. (2013). A microsoft learning content development system (LCDS) based learning package for electrical and electronics technology- issues on acceptability and usability in nigeria. American Journal of Educational Research, 1(2), 41-48.

Arikunto, S. (2013). Dasar - dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Cahyani, A., Nyeneng, I. D., & Suyanto, E. (2016). Pengembangan modul pembelajaran menggunakan LCDS pada materi hukum newton tentang gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(1), 119-130.

Ennis, R. H. (2015). The nature of critical thinking: outlines of general critical thinking disposition and abilities. Retrieved Januari 10, 2020, from http://criticalthinking.net/wp- content/uploads/2018/01/The-Nature-of- Critical-Thinking.pdf

Ja'far, M., Sunardi, & K., A. I. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis karakter konsisten dan teliti menggunakan pendekatan realistic mathematics education (RME) pada bab kesebangunan dan kekongruenan bangun datar kelas IX SMP. Jurnal Edukasi, 1(3), 29-35.

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa SD dengan menggunakan model problem based learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 115-127.

Pradana, S. D., Parno, & Handayanto, S. K. (2017). Pengembangan tes kemampuan berpikir kritis pada materi optik geometri untuk mahasiswa fisika. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 51-64.

Rindawan, I K. (2014). Landasan hukum penyusunan perencanaan pembelajaran bagi guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Jurnal Widya Acharya Universitas Dwijendra, 36-52.

Snyder, L.G., & Snyder, M.J. (2008). Teaching critical and problem solving skills. The Delta Pi Epsion Journal, 1(2), 90-99.

Sudijono, A. (2013). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.

Suiyono. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Susdarwati, Sarwanto, & Cari. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis problem based learning (PBL) pada materi hukum newton dan penerapanya kelas X SMAN 2 mejayan. Jurnal Inkuiri, 5(3), 1-111.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.