Remediasi Pembelajaran Menggunakan Model Learning cycle7E pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa

Isa Abdullah Alqudsi, Nonoh Siti Aminah, Surantoro Surantoro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2019/2020 pada materi Fluida Statis melalui remediasi pembelajaran Fisika dengan menggunakan model pembelajaran Learning cycle7E. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Boyolali semester gasal Tahun Ajaran 2019/2020. Data utama dalam penelitian ini adalah hasil tes tertulis kemampuan kognitif siswa, sedangkan kajian dokumentasi merupakan sumber data pendukung. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dalam 3 teknik yaitu teknik observasi, teknik tes dan teknik kajian dokumentasi. Teknik validitas yang digunakan adalah triangulasi data dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan tercapainya target ketuntasan belajar siswa pada aspek kognitif materi Fluida Statis dari 39 % pada pra siklus dan 63,88 % pada siklus I menjadi 100 % pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah remediasi pembelajaran Fisika dengan model Learning cycle7E dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2019/2020 pada materi Fluida Statis.

Keywords

Remediasi, Learning cycle7E, Fluida Statis

References

Ahmadi, Abu. (2013). Psikologi belajar. Jakarta: Raneka Cipta.

Arends, Richard. (2001). Learning to teach. Boston: McGraw-Hill.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Baharuddin dan Wahyuni, Esa Nur. (2010). Teori belajar dan pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz media.

Depdikbud. (1995). Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Eisenkraft, A. (2003). Expanding the 7e model. The Science Teacher, 70 (6) : 56-59. Diakses pada 20 November 2016 dari http://emp.byui.edu/firestonel/bio405/readings/learning%20models/expanding%7E.pdf

El, Khuluqo Ihsana. (2017). Belajar dan pembelajaran konsep dasar metode dan aplikasi nilai-nilai spiritualitas dalam proses pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fakuhuddin. (2007). Pengajaran remedial dan pengayaan. Jayapura: Bayu Media.

Fathurrohman, Muhammad. (2017). Model-model pembelajaran inovatif: alternatif desain pembelajaran yang menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fitriyani, Sudin, & Sujana. (2016). Penerapan model learning cycle7e pada materi sumber daya alam untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1).

Giancoli, Douglas C.. (2001). Fisika: prinsip dan aplikasi edisi ke 5 jilid 1. Jakarta: Erlangga

Halliday, Resnick. (2010). Fisika jilid I. Jakarta: Erlangga.

Hardiansyah, D. (2010). Penerapan model pembelajaran learning cycle7e untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa sma. (Kumpulan Skripsi Penelitian Universitas Pendidikan Indonesia Tahun 2010). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Haryati, Mimin. (2006). Sistem penilaian berbasis kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

Indriyani, Irma R. (2013). Pengembangan LKS fisika berbasis siklus belajar (learning cycle7e) untuk meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada siswa SMA kelas X pokok bahasan elektromagnetik. (Skripsi Tidak Dipublikasikan), Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Joyce, Bruce. (2000). Model of teaching. Boston : Allyn and Bacon.

Kasmadi, Abdul Gani H, &Yusrizal. (2016). Model pembelajran learning cycle7e berbantu ict untuk meningkatkan penguasaan konsep dan ketrampilan berfikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 4(2). 106-112.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. (2015). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru. Surakarta: Kata Pena

Mundilarto. (1992). Fisika dasar. Jakarta: Depdikbud.

Munene, Jane Nyambura., Peter, Kimiti R. and Njoka. (2017). Influence of remedial program on academic performance of pupils in public primary schools in nyahururu district, kenya. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) 7(5): 45-50. Diperoleh dari www.iosrjournals.org/iosrjrme/.../Vol.../I0705024550.pdf

Resky, Amiruddin, & Kamaluddin. (2014). Pengaruh model learning cycletipa 7e terhadap pemahaman konsep fisika kelas vii smp negeri 19 palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). 1(2). ISSN 2338 3240.

Rohmad, Zaini. (2016). Asesmen dan evaluasi pembelajaran. Surakarta : UNS Press.

Rusman. (2013). Model model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Raja Grafindo.

Sears, Zemansky. (2002). Fisika untuk universitas edisi kesepuluh jilid i. Jakarta: Erlangga.

Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Sleman: Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2001). Proses belajar mengajar dalam sistem kredit semester. Jakarta. Bumi Aksara.

Sofita & Alimufi. (2013). Efektivitas penerapan model pembelajaran learning cycle(siklus belajar) 7e terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan listrik dinamis kelas x semester 2 man bangkalan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 2(3). 242-245.

Sukardi. (2011). Metodologi penelitian pendidikan: kompetensi dan praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata. (2006). Pengendalian mutu pendidikan sekolah menengah konsep, prinsip, dan instrumen. Bandung: Refika Aditama.

Suyono. (2014). Belajar dan pembelajaran: teori dan konsep dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wardoyo, Sigit Mangun. (2013). pembelajaran berbasis riset. Jakarta: Akademia.

Wijaya, Cece. (2007). Pendidikan remedial: sarana pengembangan mutu sdm. Bandung: Rosda Karya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.