Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis LCDS dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa SMA

Hanifah Nur Khofiah, Rini Budiharti, Elvin Yusliana Ekawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran fisika berbasis LCDS dengan model discovery learning untuk meningkatkan kemandirian siswa SMA pada materi Hukum Newton yang layak digunakan; (2) mengetahui apakah spesifikasi akhir perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan dengan model ADDIE. Sumber data berasal dari 2 orang ahli, 3 orang guru Fisika SMA, 3 orang teman sejawat, dan 102 orang siswa. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik analisis data kuantitatif menggunakan perhitungan persentase komponen angket, analisis hasil uji butir soal (daya beda, taraf kesukaran, efektifitas distraktor, reliabilitas, dan validitas), dan analisis hasil observasi kemandirian siswa (realiabilitas antar rater). Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) tahapan pengembangan perangkat pembelajaran meliputi:(a) tahap analisis yaitu tahapan analisis permasalahan dan kebutuhan dalam proses pembelajaran; (b) tahap desain yaitu tahapan pembuatan draft perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian; (c) tahap pengembangan yaitu tahapan proses validasi, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. (2) Hasil akhir dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), instrumen penilaian kognitif dengan koefisien reliabilitas 0,838 (sangat tinggi), dan instrumen penilaian kemandirian siswa dengan koefisien reliabilitas 0,719 (kategori sedang). Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan yang berupa RPP, LKS, instrument penilaian kognitif dan intrumen kemandirian siswa secara menyeluruh memenuhi kategori sangat baik serta layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords

Perangkat Pembelajaran, LCDS, Hukum Newton

Full Text:

PDF

References

Aremu, Ayotola dan Bamidele Michael Efuwape. (2013). A microsoft learning content development system (LCDS) based learning package for electrical and electronics technology-issues on acceptability and usability in nigeria. American Journal Of Education Research 1(2): 41-48.

Aremu, Ayotola dan Ebenezer Obideyi. (2014). Nigerian learners’ levels of acceptability and usability of microsoft learning content development system (LCDS) based instruction in basic technology. In Proceedings of the 8th International Multi-Conference on Society, Cybernetics and Informatics-IMSCI 2014, 140-145.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Artanti, Fauziah & Lestari, Tri Kurniah. (2017). Upaya meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa dengan menggunakan model discovery learning di MAN 3 yogyakarta. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajaran II (KNPMP II) Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Azwar, Syaifuddin. (2016). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bagiyono. (2017). Analisis tingkat kesukaran dan daya pembeda butir soal ujian pelatihan radiografi tingkat 1. Jurnal 16 (1).

Fidiana, Lutfi; S., Bambang; & D., Pratiwi. (2012). Pembuatan dan implementasi berbasis masalah untuk meninngkatkan kemandirian belajar siswa kelas XI. Unnes Physics Education Journal 1 (2).

Fitrifitanofa, Winda; Waskito, Sutadi; & Budhiharti, Rini. (2012). Pengembangan instrumen tes formatif fisika kelas XI semester gasal program akselerasi. Jurnal Pendidikan Fisika 1 (1).

Islami, Verdian Desya. (2018). Peningkatan kemandirian dan prestasi belajar pemrograman dsar siswa kelas XI TKJ melalui pemnfaatan modul di SMK negeri 1 bantul. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Koo, Terry K & Li, Mae Y. (2015). A guideline of selecting and reporting interclass correlation coefficients for reliability research. Journal of Chiropractic Medicine.

Sudijono, Anas. (2013). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metodelogi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suryani, Yani. (2016). Pengembangan modul pembelajaran menggunakan learning content development system (LCDS) pada materi gerak harmonis sederhana. (Skripsi). Universitas Bandar Lampung, Lampung.

Yusuf, Irfan. Widyaningsih, Sri Wahyu; Purwati, Dewi. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika modern berbasis media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 dan kurikulum 2013. Pancaran, 4 (2), 189-200.

Yusup, Febrianawati. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 7 (1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.