Penggunaan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, Share (SSCS) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Usaha dan Energi Kelas X MIPA 4 SMA Negeri 2 Surakarta

Maya Afifah, Nonoh Siti Aminah, Yohanes Radiyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS) di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 pada materi Usaha dan Energi.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, serta model kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 30 siswa. Teknik validitas data yang digunakan adalah metode triangulasi. Data diperoleh melalui observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah tdeskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS) pada materi Usaha dan Energi dapat meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 2 Surakarta. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan ketuntasan penilaian Keterampilan Proses Sains siswa melalui observasi dari tahap Prasiklus, Siklus I, hingga akhir Siklus II, yang berturut-turut berkisar dari 4,44% hingga 32,22%; 34,44% hingga 58,33%; serta 67,00 % hingga 83,33 %. Hasil tes KPS juga menunjukkan peningkatan dari tahap Prasiklus, Siklus I, hingga akhir Siklus II, yang berturut-turut berkisar dari 4,67 % hingga 41,33 %; 39,00 % hingga 75,83 %; serta 70,17 % hingga 90,33 %.

Keywords

Model Pembelajaran SSCS; Keterampilan Proses Sains; Usaha dan Energi; Penelitian Tindakan Kelas

References

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV. Yrama Widya.

Baroto, Gogol. (2009). Pengaruh Model Pembelajaran PBL dan Pembelajaran SSCA Ditinjau dari Kreativitas dan Intelegensi Siswa. Tesis (tidak diterbitkan). PPs Universitas Sebelas Maret.

Beiser. A, (1962). The Mainstream of Physics. New York: Addison Wesley

Giancoli, Douglas C. (2001). Fisika. (Terjemahan). Jakarta: Erlangga

Halliday, David., Robert Resnick dan Jearl Walker. (2010). Dasar- Dasar Fisika. (Terjemahan). Tangerang: Binarupa Aksara.

Hatari, Niki., Arif Widiyatmoko & Parmin. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. UNNES Science Education Journal, 5 (2):1253-1260.

Rahayu, Diar Veni. (2016). Pembelajaran Dengan Strategi Search-Solve-Create Share Untuk Melatih Keterampilan Dasar Mengajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 5, p-ISSN: 2086-4280, e-ISSN: 2527-8827. Jawa Barat: STKIP Garut.

Ratumanan. (2002). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Rustaman, Nuryani. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Serway, Raymond A., & Jewett John. (2014). Fisika untuk Sains dan Teknik. (Terjemahan). Jakarta: Salemba Teknika.

Sugiyanto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: ALFABETA)

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tipler, Paul A. (1998). Fisika Untuk Sains dan Teknik. (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Warsono dan Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.