Pembelajaran Fisika Dengan Model Predict Observe Explain (Poe) Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Usaha dan Energi Kelas X MIPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya: (1) Perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dalam pembelajaran Fisika melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap hasil belajar aspek pengetahuan siswa pada materi Usaha dan Energi kelas X MIPA, (2) Perbedaan pengaruh antara kemampuan berpikir kritis siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah terhadap hasil belajar aspek pengetahuan siswa pada materi Usaha dan Energi kelas X MIPA, (3) Interaksi antara pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dalam pembelajaran Fisika melalui metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar aspek pengetahuan siswa pada materi Usaha dan Energi kelas X MIPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2x3. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Surakarta. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 2 kelas, yaitu sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik tes. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Tidak ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran POE dalam pembelajaran Fisika melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap hasil belajar aspek pengetahuan siswa pada materi Usaha dan Energi kelas X MIPA (Fobs= 0.3064 < F0.05;1;54=4.08). Kedua metode belajar ini sama kuat pengaruhnya terhadap hasil belajar aspek pengetahuan siswa pada materi Usaha dan Energi, (2) Ada perbedaan pengaruh antara kemampuan berpikir kritis siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah terhadap hasil belajar aspek pengetahuan siswa pada materi Usaha dan Energi siswa kelas X MIPA (Fobs= 5.8953 > F0.05;2;54=3.23), (3) Tidak ada interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran POE dalam pembelajaran Fisika melalui metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar aspek pengetahuan siswa pada materi Usaha dan Energi kelas X MIPA (Fobs= 0.8183 < F0.05;2;54=3.23). Penerapan model pembelajaran POE dalam pembelajaran Fisika melalui metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa memberikan pengaruh sendiri- sendiri terhadap hasil belajar aspek pengetahuan siswa pada materi Usaha dan Energi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ajwar, Muhamad, Baskoro Adi Prayitno, & Widha Sunarno. (2015). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Berpikir Kritis dan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Inkuiri, 4(3), 127-135. Diperoleh pada 5 November 2018,dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/inkuiri/art icle/view/7824.
Ekawati, Yuli, Widha Sunarno, & Cari. (2017). Pembelajaran Fisika Melalui Discovery Learning Dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa SMK Kelas X Pada Materi Sifat Mekanik Bahan. Jurnal Inkuiri, 6(3), 17-28. Diperoleh pada 5 November 2018, dari https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/article/view/178 32
Hilmi, Mahmud, Widha Sunarno, & Sulistyo Saputro. (2015). Pembelajaran Kimia Menggunakan Pendekatan Inkuiri Dengan Metode Eksperimen dan Proyek Ditinjau dari Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inkuiri, 4(1), 92- 103. Diperoleh pada 5 November 2018, dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/inkuiri/art icle/view/7428.
Kibirige, Israel, Joseph Osodo, & Kedibone M. T. (2014). The Effect of Predict-Observe-Explain Strategy on Learners’ Misconceptions About Dissolved Salts. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(4), 300-310. Diperoleh pada 5 Januari 2018, dari https://www.researchgate.net/publication/2606 64285.
Özdemir, Hakan, Hüseyin Bağ, & Kadir Bilen. (2011). Effect of Laboratory Activities Designed Based on Prediction- Observation - Explanation (POE) Strategy on Pre-Service Science Teachers’ Understanding of Acid-Base Subject. Western Anatolia Journal of Educational Sciences (WAJES), Dokuz Eylul University Institute, Izmir, Turkey, 169-174. Diperoleh pada 20 Desember 2017, dari http://webb.deu.edu.tr/baed/giris/baed/ozel_say i/169-174.pdf
Prastyninda, Farra Ardilla, Sukarmin, & Suparmi. (2018). Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning Melalui Metode Eksperimen dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 209-219. Diperoleh pada 5 November 2018, dari https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/article/view/229 76/16852
Restami, M. P., Suma, & M. Pujani. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe- Explain) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). Diperoleh pada 20 Desember 2017, dari http://oldpasca.undiksha.ac.id/e- journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/716
Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group.
Santhiy, Bakti Mulyani, & Budi Utami. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Predict- Observe-Explain (POE) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Larutan Penyangga Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) Universitas Sebelas Maret, 4(4), 139- 146. Diperoleh pada 4 Januari 2018, dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia.
Sodikin. (2015). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemampuan Menggunakan Alat Ukur dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al- BiRuNi, 04(2), 255-268. Diperoleh pada 5 November 2018, dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al- biruni/article/view/97
Sutikno, M. Sobry. (2014). Metode & Model- Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Lombok: Holistica.
Wahyudi, Elly Eka, Nonoh Siti Aminah, & Sukarmin. (2017). Pembelajaran Optika Geometri Melalui Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kelas X Tahun 2014/2015. Jurnal Inkuiri, 6(3), 49-60. Diperoleh pada 5 November 2018, dari https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/article/view/178 42.
Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.