Penerapan Model Pembelajaran GI-GI (Group Investigation- Guided Inquiry) Pada Materi Momentum Dan Impuls Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa

Cheria Drifi Asyifa, Sukarmin Sukarmin, Yohanes Radiyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 pada materi momentum dan impuls melalui penerapan model pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 8 Surakarta semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Data kemampuan literasi sains berupa aspek pengetahuan (knowledge), aspek kompetensi (competencies), dan aspek konteks (context) dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan literasi sains sementara data aspek sikap (attitudes) dikumpulkan dengan menggunakan angket. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada seluruh aspek kemampuan literasi sains siswa. Aspek pengetahuan pada prasiklus sebesar 49,34 %; siklus 1 sebesar 72,25 % dan siklus 2 sebesar 77,59 %. Hasil aspek kompetensi pada prasiklus sebesar 39,78 %; siklus 1 sebesar 68,80 %; dan siklus 2 sebesar 79,47 %. Hasil aspek konteks pada prasiklus sebesar 40,23 %; siklus 1 sebesar 83,91 %; dan siklus 2 sebesar 86,44 %. Sementara hasil aspek sikap pada prasiklus sebesar 60,26 %; siklus 1 sebesar 69,46 %; dan siklus 2 sebesar 77,01 %. Pembelajaran menggunakan model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

Keywords

Penelitian tindakan kelas; Model GI-GI; literasi sains.

References

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.

Gormally, Cara, et.al. 2009. Effects of Inquiry-based Learning on Students Science Literacy Skill and Confidence. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 3 (2). 1-22.

Maharani, Febri Galuh, dkk. 2016. Model GI-GI pada Hasil Belajar dalam Pembelajaran Fisika (Materi Teori Kinetik Gas) di SMA. Seminar Nasional Pendidikan 2016, 1, 145- 153.

Nur, Ahmad Tajuddin. 2016. Model Pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) dalam Pembelajaran Fluida Dinamis di SMA (Studi pada Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa). Seminar Nasional Jurusan Fisika FMIPA UM, 244-251.

Nwagbo, Chinwe. 2006. Effects of Two Teaching Methods on The Achievement in and Attitude to Biology of Students of Different Levels of Scientific Literacy. International Journal of Educational Research, 45, 216-229.

OECD. 2016. PISA 2015 Assessment and Analytical Framework Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.

Purwanto, N. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puspitasari, Ariati D. 2015. Efektifitas Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 1 (2), 1-5.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.