Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Learning Content Development System (LCDS) Tentang Momentum Dan Impuls

Hazrina Nur Hanifati, Rini Budiharti, Elvin Yusliana Ekawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan modul pembelajaran berbasis Learning Content Development System (LCDS) tentang Momentum dan Impuls. (2) Menghasilkan modul pembelajaran berbasis Learning Content Development System (LCDS) tentang Momentum dan Impuls memenuhi kriteria baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan didukung data kuantitatif. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan tipe pengembangan ADDIE yang merupakan singkatan dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini hanya sampai pada tahap development (pengembangan). Tahap analysis (analisa) dilakukan analisa masalah dan analisa kebutuhan akan modul pembelajaran elektronik. Tahap design (desain) dimulai dari penentuan software, pengumpulan konten, penyusunan format dan desain awal dari modul. Tahap developmet (pengembangan) dimulai dari validasi modul dan uji coba modul. Hasil penelitian diperoleh dari validator terdiri dari 2 dosen ahli, 3 guru SMA sebagai reviewer, 2 mahasiswa/alumnus dan responden pada uji coba awal sejumlah 9 siswa SMA dan pada uji coba utama sejumlah 45 siswa SMA. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pengembangan modul dimulai dari tahap analisis dilakukan dengan menganalisis masalah pembelajaran Fisika dan kebutuhan dalam pengembangan modul elektronik. Tahap desain dimulai dari menentukan software/aplikasi sebagai pendukung, pengumpulan konten, penentuan format, lalu membuat storyboard. Tahap pengembangan dimulai dari realisasi produk (draft produk), dan validasi ahli, dan penilaian siswa. Draft produk modul selesai dibuat maka langkah selanjutnya dilakukan validasi dan revisi berdasarkan saran dan komentar. Modul diuji coba awal dan uji coba utama. Berdasarkan hasil saran dan komentar selama uji coba, modul direvisi dan akhirnya dihasilkan modul pembelajaran berbasis berbasis LCDS tentang Momentum dan Impuls. (2) Berdasarkan penilaian validator dan penilaian responden dalam uji coba awal dan utam modul pembelajaran berbasis LCDS tentang Momentum dan Impuls yang dikembangkan memiliki kriteria sangat baik

Keywords

Modul pembelajaran; LCDS; Momentum dan Impuls

References

Azwar, Saifuddin. (2007). Tes Prestasi dan Pengembangan Pengukuran Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Falahudin, Iwan. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. Vol. 1 No. 4, Desember 2014, hal 104-117.

Harandi, Safiyeh Rajaee. (2015). Effecs of E- Learning on Students Motivation. Journal Social and behavioral Sciences. Vol. 1 N0.81, Desember 2015, hal 423-430.

Kaniawati, I. et al. (2016). The Influence if Using Momentum and Impulse Computer Simulation to Senior High School Students Concept Mastery. Journal of Physics. Series 739, Desember 2016, hal 1-5.

Muruganantham, G. (2015). Developing of E- Content Package by Using ADDIE model. International Journal of Applied Research. Vol. 1 No. 3, Februari 2015, hal 52-54.

Novianto, Andi. (2016). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Moodle terhadap Motivasi Belajar Siswa XII TKJB SMKN 2 Surakarta pada Kompetensi Mengadministrasi Server Jaringan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan. Vol. 11 No.1, Sepetember 2016, hal 68-77.

Perdana, Fengky Adie. dkk. (2017). Developments of E-module Combining Science Process Skill and Dynamics Motion Material to Increasing Critical Thingking Skills and Improve Student Learning Motivation Senior High School. International Journal of Science and Applied Science. Vol.1 No.1, Februari 2017, hal 45- 54.

Prihartanti, Dina, Yuliati, Lia, dan Wisodo, Hari. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Konsep Impuls, Momentum, dan Teorema Impuls Momentum. Jurnal Pendidikan. Vol.2 No.8, Agustus 2017, hal 1149-1159.

Saifullah, A.M, Sutopo, dan Wisodo, H. (2017). Senior High School Students Difficulties in Solving Impuse and Momentum Problems. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. 6 No. 1, April 2017, hal 1-10.

Siahaan, Sardianto Markos. (2012). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika. Juli 2012, hal 13-20.

Suyoso dan Nurohman, Sabar. (2014). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Web Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Jurnal Kependidikan. Vol. 44 No.1, Mei 2014, hal 73-82.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.